Minggu, 30 Januari 2011

Banyak Anak Banyak Enak

Siapa yang bilang kalau banyak anak banyak rezeki? itu mah.... cuman buat nyenengin bini biar ga susah "diatur" suami. Eits... tunggu dulu nggak boleh su'udzan sama Allah ta'ala. Kalau kita banyak anak selain banyak rezeki juga banyak enaknya lho..... ga percaya? 
Ngomong-ngomong soal banyak anak, itu emang udah jadi keyakinan leluhur kita sejak tempo doeloe, cuman saat ini kayaknya kayakinan ini sudah mulai luntur. Lihat aja, suksesnya program KB (Keluarga Berencana). Waktu dulu, sebuah keluarga paling sedikit punya anak tiga atau empat. Sekarang "Dua Anak Cukup". Sebenarnya pola pikir masyarakat mengenai banyak anak banyak rezeki sangat dipengaruhi oleh kadar keimanan mereka ditambah zaman yang saat ini penuh dengan persaingan. "Kasih makan anak dua aja susah apalagi banyak", "Ngatur anak dua khan lebih gampang dari pada ngatur anak banyak", "Mendingan anak dua deh.. dari pada banyak-banyak gak keurus". itulah alasan-alasan kenapa saat ini keluarga Indonesia lebih senang jika anak tidak usah banyak-banyak.
Emang bener sih.... kalo ngatur anak cuman dua lebih gampang daripada banyak anak, cuman masalahnya kayaknya bukan di situ, tapi justru masalahnya adalah rasa tawakal kita kepada Allah ta'ala semakin memudar. Kita cenderung berfikir bahwa kalau punya anak banyak hidup menjadi sesak,  buat makannya susah, biaya sekolah yang mahal dan lain sebagainya.
Dari analisa saya bahwa ada beberapa keuntungan ketika kita punya anak banyak : 
1. Rasa tawakal kita kepada Allah ta'ala akan semakin tinggi. Ini terbukti ketika anak kita banyak maka kita akan cenderung lebih rajin bekerja dan tentunya harap kita kepada Allah ta'ala semakin besar. kalau anak cuman dua khan santai aja, "Ah.... anak cuman dua ini gak perlu ngoyo". nah jadi.... semakin banyak anak semakin bertambah keimanan kita. 
2. Banyak Anak banyak enak. Kalau punya anak cuman dua kalau yang satu meninggal sisa satu doang, beda khan kalau anak banyak meninggal satu masih ada yang lain, jadi lebih ikhlas to melepasnya. apalagi zaman banyak penculikan kaya sekarang. kalau anaknya delapan terus diculik satu khan masih ada tujuh jadi yang penculiknya minta tebusan satu milyar juga cuekin aja ( Eh.... yang nggak sih...) maksudnya penculik juga akan mikir nyulik yang keluarganya banyak. soalnya mereka juga tau banyak anak susah kaya'nya. 
3. Dengan banyak anak banyak enaknya (kok diualng lagi sih....?). ya.... tenang saudara-saudari celana robek kanan kiri,, dipakai sama ..... (siapa lagi....). Emang tulisan ini ngebahas tentang banyak anak banyak enaknya jadi yang githu deh.... pokoknya dijamin deh.... kalau banyak anak emang bener-bener banyak enaknya. gak percaya? coba aja tanya para aba' (jama' dari abi/bapak).
Intinya adalah dengan banyak anak hidup terasa enak, lega, tanpa beban, hidup seimbang tidak ada yang ngganggu kalo tidur, istri bisa konsentrasi ngurus kita dan kita bisa pergi berdua, makan enak dsb... dll... de es te... de es cingcau... de es kelap...
Ah.... yang bener kok bisa sih, perasaan tetangga saya anaknya tujuh susah banget hidupnya, anak pertama tau main ke mana, yang kedua ingusnya meler, yang ketiga main di kali ngga ada yang ngelarang, yang keempa bisulan, yang kelima mainan tanah mulu, yang keenam masih ngerangkak jatuh mulu dari tempat tidur karena yang nggak ada yang njagain yang paling kecil masih nyusu nggangguin bapaknye (Kisah nyata....) 
Tapi emang bener Kok banyak anak banyak enaknya. Kita contohin nih.... banyak anak banyak enak.... so' pasti tuh... nggak usah dibahas di sini. Lega? jelas lah plus menjaga kesehatan fisik dan mental, tanpa beban? iyyalah santai aja tawakal kepada Allah ta'ala dengan dibarengi berusaha, ya nggak? Iya dong. Tidak ada yang ngganggu waktu tidur? Khan semua anak dikumpulin di kamar lain, kita tinggal berdua. Atau pas kita lagi tidur bilang aja ama anak yang laing gede "Ayah mau tidur adik-adik kamu jaga yang jangan ganggu ayah" gampang to'?  Selanjutnya  istri bisa konsentrasi ngurus kita dan kita bisa pergi berdua, iya khan? anak tinggal di rumah khan ada anak pertama, kedua dan ketiga yang bisa ngurusin adiknya. Makan enak, kalau lagi lapar dijamin khan makan pasti enak. Udah lauknya enak, nasinya sedikit dibagi orang banyak, enak? Pokoknya Banyak Anak Banya Enak !!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...