Sabtu, 22 Januari 2011

Mengenal Jenis Tulisan

Mengenal Jenis Tulisan
Oleh : Abdurrahman

Hal pertama yang harus diketahui bagi para penulis pemula adalah jenis tulisan apa yang akan ditulisnya. Ini penting sekali karena dengan memahami jenis tulisan kita akan dengan mudah melangkah ke gaya penulisan, karakter bahasa dan  pilihan-pilihan kata yang digunakan. Padadasarnya jenis tulisan hanya ada dua, yaitu Fiksi dan non fiksi. Namun dalam perkembangannya kedua jenis ini dapt disatukan menjadi sebuah rangkain faksi yaitu fakta yang berisi selipan kisah-kisah fiksi (tidak nyata), atau fiksi yang berisi fakta-fakta.

Fiksi
Tulisan Fiksi berarti tulisan yang tidak mengandung unsur fakta yang sebenarnya, maksudnya adalah tulisan fiksi berisi hal-hal yang belum pernah terjadi secara sebenarnya. Ia adalah hasil imaginasi penulis dalam menyusun sebuah rangkaian cerita. Jenis tulisan ini digunakan pada cerita-cerita pendek, novelette, novel, cerita bersambung dan puisi. Pada puisi bahasa yang digunakan seringkali memiliki makna yang dalam dan syarat nilai-nilai sastra. Sebagai hasil imaginasi penulis maka karakter dari tulisan ini memiliki berbagai variasi dan gaya masing-masing penulis. Dari imaginasi yang datar-datar saja, moderat hingga imaginasi radikal yang tanpa batas.

Non Fiksi
Tulisan non fiksi adalah tulisan yang di dasarkan pada fakta-fakta yang terjadi secara sebenarnya. Tulisan ini memiliki ciri khas utama yaitu mendasarkan segala sumbernya dari kejadian nyata di masyarakat. Pada jenis tulisan ini imaginasi tidak digunakan sama sekali, ia adalah barang “haram” yang tidak boleh digunakan. Jenis tulisan non fiksi menghiasi berbagai laporan ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi dan yang sejenisnya. Jenis ini juga digunakan oleh para wartawan dalam menyusun laporannya, sehingga tulisan-tulisan yang ada di media cetak khususnya surat kabar dan majalah adalah tulisan-tulisan non fiksi yang didasarkan pada fakta di lapangan. Jenis tulisan non fiksi memeiliki variasi yang cukup banyak, dari mulai feature, laporan perjalanan, wawancara dan yang lainnya.

Faksi
Jenis tulisan faksi adalah tulisan dengan variasi antara fakta dan fiksi, ia adalah tulisan yang berisi data-data yang nyata namun diselipkan imaginasi dari penulisnya. Selain itu juga bisa berupa fiksi yang berisi fakta-fakta. Jenis tulisan ini sebenarnya agak rancu karena dua kombinasi yang berbeda bersatu dalam sebuah tulisan. Sebagai contoh tulisan faksi adalah beberapa tulisan tentang suatu kejadian yang dibumbui dengan imaginasi penulisnya karena keterbatasan sumber. Ini terjadi pada penulisan berita yang memiliki kronologi kejadian dan minimnya sumber sehingga diperlukan imaginasi dari penulisnya. Sedangkan fiksi yang mengandung fakta-fakta adalah cerita-cerita yang didasarkan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Dalam lingkup ini kita mengenal adanya novel sains fiksi, novel sejarah dan yang lainnya. Biasanya novel seperti ini adalah sebuah rangkaian cerita fiksi yang diperkaya fakta atau kejadian dan data yang ada secara nyata. Jenis tulisan ini banyak diminati oleh masyarakat karena selain menghibur juga menjadi media pembelajaran yang efektif karena sifatnya yang tidak menggurui.

Kesimpulan
Sebagaimana disebutkan di awal bahwa dua jenis tulisan ini dapat dikombinasikan menjadi sebuah tulisan faksi yang menjadi jenis tersendiri. Namun pada dasarnya tetap saja dapat kita bedakan. Manfaat memahami jenis tulisan ini adalah agar para penulis, khususnya penulis pemula dapat memaksimalkan potensinya dalam menulis dan tidak terjebak dengan jenis tulisan yang sebenarnya tidak ia inginkan. Walaupun dalam faktanya sah-sah saja seseorang menulis dengan kombinasi dari dua jenis tersebut, namun ini akan sedikit merancukan pemahaman di masyarakat. Bisa jadi seorang akan pembaca meyakini adanya suatu kejadian padahal itu adalah imaginasi penulisnya. Atau sebaliknya pembaca menganggap sebuah tulisan adalah fiksi padahal itu adalah sebuah kejadian nyata.    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...