Senin, 17 Januari 2011

Sangkan Paraning Dumadi

Sangkan Paraning Dumadi
Menyibak Makna Kehidupan Manusia
Oleh : Abdurrahman M

Ketika hidup dirundung malang …
Manakala cobaan terus menerjang…
Dan usia terus berkurang …
Kemanakah kita melangkah?
Mari sibak makna hidup berkah
Agar hakikatnya dapat kita benah….


Bukan untuk menggurui jika saya yang masih muda ini  memberikan sebuah nasehat tentang hakekat hidup. Bukan pula saya merasa bahwa saya lebih pintar dibandingkan dengan para pembaca sekalian. Saya hanya teringat dengan sebuah sabda Nabi akhir zaman, di mana beliau pernah bersabda :
 بلغوا عني ولو اية
“Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat”. Pembaca sekalian......
Sejenak kita mengkoreksi diri, sudahkah kita memahami untuk apa kita lahir ke dunia ini, mencari rizqi? menabur lahwi? Atau hanya membuat penuh dunia ini? Allah ta’ala berfirman :

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبُُ وَلَهْوُُ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرُُ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرُُ فِي اْلأَمْوَالِ وَاْلأَوْلاَدِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي اْلأَخِرَةِ عَذَابُُ شَدِيدُُ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللهِ وَرِضْوَانُُ وَمَاالْحَيَاةُ الدُّنْيَآ إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. QS Al-Hadid : 20

Maka sudahkah kita memahami hakikat dunia? Atau jangan-jangan kita terlena dengan gemerlapnya? Mari bersama pada kesempatan kali ini kita bersama menyibak tirai hakikat kehidupan, dari mana kita berasal? Untuk apa kita ada? Dan akan ke mana kita nanti? Sangkan Paraning Dumadi…………..itulah yang harus bersama kita ketahui. ..............bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...