Kamis, 27 Januari 2011

Tuliskan Apa yang Anda Ucapkan

Tuliskan Apa yang Anda Ucapkan
Oleh : Abu Aisyah

Sulit menulis? Tidak tahu apa yang harus dituliskan? Bingung apa yang akan menjadi tema tulisan? Semua itu sering sekali menghinggapi para penulis pemula. Kenapa hal ini terjadi? Bisa jadi kurang pengalaman, atau kurang wawasan dan seringkali tidak memahami tema yang bersliweran di di berbagai kesempatan.
Sepertinya alasan terakhir yang banyak menjadi alasan ketika seorang penulis bingung akan menuliskan apa. Sebenarnya mudah saja, “Tuliskan Apa Yang Anda Ucapkan” artinya setiap ucapan anda yang bernilai tulisan maka segeralah menuliskannya. Apa yang menjadi materi pembicaraan anda dengan teman, keluarga, atasan, teman sejawat atau bawahan silahkan tulisakan pembiacaraan tersebut. Atau ketika ngobrol dengan pasangan di rumah, sedang berada di jalan, di kantor, di sekolahan dan obrolan-obrolan yang terjadi di setiap tempat adalah bahan-bahan tulisan yang setiap hari kita dapatkan.
Tidak usah harus menunggu suasana khidmat, mencari tempat yang tenang atau menunggu datangnya ilham. Tuliskan materi obrolan kita, jika kita seorang penceramah jadikan bahan ceramah tersebut menjadi tulisan. Jika kita seorang guru, jadikan bahan mengajar sebagai tulisan. Jika kita. Jika kita seorang pelajar, jadikan materi guru atau dosen bahan tulisan kita. Jika kita ibu rumah tangga jadikan apa yang kita rasakan sehari-hari menjadi bahan tulisan kita. Mudah bukan?
Intinya adalah apa yang kita ucapkan tulisakanlah, selagi ucapan-ucapan kita baik dan sesuai dengan Islam maka tidak ada alasan untuk tidak menuliskannya. Saya sendiri materi-materi khutbah jumat yang selalu saya tuliskan dan menjadi buku kumpulan khutbah jum’at. Demikian pula isi-isi pengajian yang saya sampaikan. Bahkan bahan-bahan perkuliahan juga saya kumpulkan menjadi sebuah kumpulan karangan.
Maka jika anda masih bingung dengan materi tulisan? Tuliskan saja apa yang adan ucapkan…. Mudah bukan? Wallahu a’lam.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...