Selasa, 08 Februari 2011

Bila Cinta Berakhir Dusta


Oleh : Bambang Sahaja

Sinta akhir-akhir ini berubah total, nggak cuman penampilannya doang yang berubah, tapi juga perilakunya berubah seratus delapan puluh derajat. Apa sebab? Selidik punya selidik ternyata dia baru putusan sama arjunanya si Jaka. namanya Sinta yang dulu terlihat rapi dan modist kini cuek banget sama penampilannya. Tingkah lakunya yang dulu ceria juga kini berubah murung, bener gak sih kalau doski berubah karena diputusin ama yayangnya? Masa sampe segitunya? 
Keadaan kaya' gini juga dialami sama Bagus, cowok yang biasa tampil keren and cool itu kini udah beda banget, kalo pas dateng ke kampus bawaannya nunduk mulu, mending kalo ghadhul bashar, dari air mukanya kayaknya doski bener-bener lagi menderita banget. Usut punya usut ternyata die emang lagi berantem sama yayangnya.
Nah lho... ternyata kasus Sinta dan Bagus ga' jauh beda, sama-sama ada “perang” antara die dengan yayangnya. Loe juga pernah ngerasain kalee yang kaya' ginian? Jujur aja.... nggak dosa ko' ngomong jujur justru kalo bo'ong jadi dosa....
Emang yang namanya pacaran pasti ada aja cobaan dan rintangannya, tapi kalau dienye nyang mengkhianati kita pasti dong kita yang akan berduka sepanjang masa. Yah... namanya juga pacaran apalagi jaman sekarang kaya'nya susah banget nyari pasangan yang bener-bener sehidup semati (emang gak ada, siapa yang mau mati bareng....?)
Nah... bagaimana nih kalau loe juga ngerasain kaya' gini apa cari lagi yang baru? Gampang khan? Atau pree dulu and ngejomblo aja? Atau tobat ? Emang banyak banget alternatif yang loe bisa coba. Tapi ane juga punya usulan neeh...
Usul ane sih kayak'nya ga jauh-jauh amat cuman negibalingin aja sebenarnya sih apa yang loe cari waktu pacaran? Cinta sejati? Untuk dijadikan pasangan suami-istri? Atau cuman ngisi hari-hari? Nggak mau ngejomblo lagi? Dibilang ga trendi? Wah … pertanyaannya banyak banget yah.... silahkan aja jawab sendiri, kalau ngga ada pertanyaannya ya..... buat sendiri.
Dari jawaban loe harusnya udah ketauan “Kenapa sih gue pacaran?” atau pertanyaan lebih jauh lagi “Kenapa sih gue putusan?” Ane yakin cinta yang selama ini loe rasakan cuman bo'ongan ga murni, gak sejati, gak asli, gak bergizi dan gak-gak lainnya. Itu makanya banyakan berakhir dengan dusta. Apalagi buat loe yang cewek, kalau cowok loe udah ngedapetin apa yang die mau pasti deh langsung kabur, itu tuh.... yang namanya cinta dusta. Sakit khan kalau udah kaya' gini? (Enggak ko' biasa aja udah sering kaleee....) hah.....!!! oh... githu ya....
Jadi gimana dong biar kita bisa ngedapaetin pasangan yang bener-bener punya cinta sejati? Atau bagaimana biar cinta kita tidak berakhir dusta? Nah kalo buat ngejawab masalah beginian sebenarnya gampang aja. Loe kudu car cowok yang “Bukan Sembarang Pria” eh.... kuno banget ya.... ya udah deh... cari cowok yang “Enjoy Aja” atau yang “Emang bikin Bangga”. Tapi kayaknya susah banget deh nyari cowok yang sekeren itu. Kalau susah kita turunin deh.... syaratnya minimal punya iman lah....  eit... ini bukan minimal tapi kudu. Jadi kalo mau cari pasangan pilih yang imannya ada dulu deh... biar cinta kita tidak berakhir dusta.
Cuman ya... punya iman kadang nggak ngejamin juga sih..... (Maksud Loe....?) maksudnye.... kadang dia sih punya iman cuman ya sering ngajak ke tempat-tempat hiburan or minimal pacaran. Wah... ini tidak mungkin!!! sulit dipercaya! Kenapa bisa terjadi seperti ini? (bacanya dengan nada marah kaya' di sinetron) kalo cowok kita kaya' gitu berarti imannya kurang tuh.... soalnya cowok yang emang bener-bener beriman pasti dong udah ngerti ama Islam minimal pernah denger lah....
Buat Loe yang cowok juga sama, pilih deh cewek yang punya iman dan berkepribadian Islam buat meminimalisir cinta berakhir dusta. “Cuman jaman sekarang kalau banyak pilih-pilih susah juga” emang bener sih... tapi kalo buat masa depan kita kenapa nggak? Ya nggak? Iyya dong.
Sekarang kalo pilihan kita udah bener, terus kita juga nyoba biar tidak menyimpang dari nilai-nilai Islam tapi ternyata terjadi juga “pemberontakan” maksud ane dia mengkhianati. Apa yang harus kita lakukan? Di sini nih.... keimanan kita harus berperan. Yang namanya cinta karena Allah nggak bakalan bikin pusing, kita menyayangi seseorang karena Allah bukan cuman karena dia tuh... cakep, keren, cool cash and other. Tapi karena semua itu didasarkan kepada cinta kita kepada Allah ta'ala, makanya walaupun dia mengkhianati cinta kita berdua, biarkan saja.... kita hanya berdo'a dan berusaha agar dia kembali kepadaNya (is death... dong), enggaklah serahkan semuanya pada Allah ta'ala semuanya adalah hal terbaik buat kita.
Udah dapat khan inti dari tulisan ini, kalo belum ane ringkas lagi nih kalo “Cinta Berakhir Dusta” berarti loe kudu liat lagi niat awal cinta loe, itu pertama. Keduanya kalo emang dia yang mengkhianati kita biarkan saja, itu emang yang terbaik buat kita, Allah sayang sama hambaNya makanya biarkan dia pergi meninggalkanmu.... (dia pasti akan kembali ke sisiNya). Artinya kalo loe putusan ama dia itu emang udah takdirNya dan yakinlah itu emang yang terbaik, dari pada loe lama-lama ama dia bisa-bisa membawa loe ke jalan kesesatan. Yang ketiga inilah saatnya loe buat introspeksi diri (tau khan?) dan pilih-pilih dikit or selektif lah buat milih pasangan jangan cuman nggak mau ngejomblo loe terima aja si mata buaya. Nggak lah ya.... 
Tapi jangan juga jual mahal, nanti gak laku-laku (jualan kaleee), kalo emang pasangan kita tuh serasi banget punya iman dan takwa yang sebenarnya terusin aja deh..... (yang syar'i ya....) kalau dia juga mengkhianati cinta, biarkan syajja... ourrang biccarrra. Sekali lagi yakinlah semua pasti ada hikmahnya , jadi nggak usah takut lagi khan kalau kita dikhianati cinta nggak usahlah murung or merubah penampilan kaya' Sinta dan Bagus, nggak ada manfaatnya, mendingan kita perbaiki diri untuk menghadap Ilahi (ha.... mati) maksudnya menghadapNya dengan beribadah kepadaNya dan melaksanakan seluruh syraiatNya ( ya nggak? Yang ini jawabannya kudu ya.....)                       

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...