Senin, 28 Februari 2011

Menikmati Lapar


Oleh : Abdurrahman MBP


Apakah anda masih merasakan lapar ketika sedang berpuasa? Kalau tidak lagi merasakannya maka ada sesuatu yang hilang dalam diri kita, yaitu rasa lapar. Lapar adalah suatu kondisi di mana tubuh memerlukan adanya asupan energy, baik berupa makanan ataupun minuman dan bisa juga zat-zat tertentu yang dimasukan ke dalam tubuh.
Seseorang yang berpuasa tentu merasakan lapar, ini adalah tabiat dari manusia. Lantas apa kaitannya dengan pertanyaan di awal tulisan ini? Sejatinya tujuan berpuasa adalah agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa (QS Al-Baqarah : 183), di antara sarana untuk mencapai ke tingkat ini adalah dengan melemahkan anggota badan, dengan melemahnya beberpa fungsi anggota badan akan berpengaruh kepada hawa nafsu yang melemah pula. Dengan ini tingkat spiritualitas seseorang akan meningkat. Rasulullah pernah bersabda “Iman itu bertambah dan berkurang, bertambah karena berbuat ketaatan dan berkurang karena berbuat maksiat” HR Muslim. 
Ketika hawa nafsu manusia melemah dengan melemahnya beberapa fungsi anggota badan maka nilai spiritualitasnya akan meningkat, hal ini dipacu lagi dengan kesadarannya dalam melakukan ibadah puasa. Rasa lapar sendiri menjadi salah satu sebab melemahnya beberapa fungsi anggota badan, selain itu ada hikmah besar yang harus kita singkap dari rasa lapar ini. Ternyata ketika seseorang berada dalam keadaan lapar ia akan lebih mampu mengontrol tingkah lakunya, hal ini agak berbeda dengan fakta bahwa seseorang yang dalam keadaan lapar akan mudah marah dan hawa nafsunya sering tidak terkendali.
Di antara hikmah adanya rasa lapar adalah bahwa dengan merasakan rasa lapar itu semestinya kita bersyukur karena ini adalah bukti kita masih menjadi manusia normal dalam arti fungsi-fungsi dari anggota tubuh kita masih berjalan normal. Coba anda bayangkan bagaimana jika kita tidak bisa merasakan lapar, tentu kita tidak akan berselera untuk menyantap makanan di saat berbuka, padahal Rasulullah penah bersabda “Dua Kenikmatan yang akan dirasakan oleh setiap orang yang berpuasa yaitu ketika dia berbuka dan ketika bertemu dengan Tuhannya”. Maka di tengah bulan yang penuh berkah ini mari kita bersama-sama menikmati lapar, mudah-mudahan ini adalah salah satu wasilah untuk menjadi derajat muttaqun yang telah Allah ta’ala janjikan. Wallahua’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...