Jumat, 18 Februari 2011

Ngorok : Ngomong Jorok


Oleh : Bambang Sahaja

Ana heran sama seorang teman, sebut saja Fulan kalau lagi ngobrol pasti deh ngomongnya nggak jauh-jauh dari yang kaya' githuan (jorok). Nggak tau kenapa dia kaya' githu, sepertinya nggak afdhol kalau nggak disambungin sama omongan jorok. Ana sendiri terus terang rada-rada jenga (apa ya terjemahan bahasa Indonesianya?) kalau ngomongin githuan. Bener, perasaan gak enak banget kalu ngobrol yang menjurus-jurus ke arah itu. 

Beda lagi sama tetangga, kalau lagi kaget, lagi marah atau lagi bercanda pasti deh keluar kata-kata yang jorok githu. Udah tradisi kali ya... katanya sih nggak nyadar, tapi ko' keterusan. Perasaan ngedengernya gedeg banget deh....
Pembaca tau khan apa yang lagi diomongin? Ngorok alias ngomong jorok, sudah jadi tradisi? Naudzubillah deh.... tapi emang sih. Kata-kata jorok kaya' githu sering kita dengar di pasar, di terminal dan di tempat-tempat umum lainya. Tapi seorang teman yang kerja kantoran juga kalau ngajak ngobrol seringnya ke arah-arah yang githuan. Jadi kaya' sudah tradisi, tapi tradisi seperti ini sih harus dibasmi agar tidak tumbuh lagi, kalau perlu disiram air aki biar mati.
Ngomong-ngomong ngomong jorok emang rada-rada susah. Katanya sih itu emang kebutuhan dasar manusia, cuman kalo diliat ya jujur aja yang ngomong kaya' githuan biasanya emang lemah iman, ups... nggak ngehina ya, ini fakta. Biasanya sih kalau mulutnya alias omongannya selalu menjurus ke arah gihtuan biasanya hatinya juga condong ke sana lho... gak percaya? Ingat ya akhi, hati ini lemah makanya kalau ngomong dipikir dulu soalnya ia bisa merasuk ke hati menembus jantung dan is..... death. Maksudnya hati itu bisa mati alias menganggap omongan jorok itu sesuatu yang biasa aja.
Sama juga kalo orang biasa ngelakukan perbuatan yang nggak baik sering kali hatinya merasa itu adalh sesuatu yang biasa. Lebih parah lagi kalo hati sudah terpikat dengan hal ini (baca : ma'ashi.... apaan sih.... ?) bisa jadi hati akan sakit atau mati dan tidak mau mendengar lagi jika terbiasa dengan berbagai bentuk ma'ashi (maksiat). Termasuk juga omongan yang jorok-jorok. Bahaya khan?
Lagian juga kalau kita mau jujur gak ada manfaatnya ngomongin yang jorok-jorok kaya' githu, udah capek dapat dosa lagi? (Tapi khan... puas), jidat ente yang puas.... bener juga sih katanya kalo udah ngomong jorok kaya'nya hati jadi plong dan tidak ada beban. Seperti in inih... yang namanya hati mati. Yang puas sebenarnya bukan hati tapi hawa nafsu, kalau orang berzina juga puas tapi khan dosa, sama juga kalo ngomong jorok mungkin puas tapi ya ngga ada manfaat plus dosa.
Apalagi kalo kita hubungin sama firman Allah yang mulia, coba deh perhatiiin ayat ini :
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. QS Al-Isra : 36. 
Semuanya akan dimintai pertanggungjawaban termasuk mulut kita. Eh.... tapi khan nanti mulut kita terkunci di akhirat, jadi enak dong gak bakalan ngomong. Astaghfirullah.... ini nih... yang namanya penafsiran dengan akal, mulut kita emang ditutup tapi anggota badan lain akan menjadi saksi kalo mulut kita udah ngomok jorok. Jadi ya sami mawon alias pada bae.....
udah tau khan kalo ngomong jorok itu gak ada manfaatnya? (udah tau ko') kalo udah tau diamalin dong! Iya tapi kaya'nya susah banget apa ane termasuk piktor (pikiran kotor) ya.... bisa jadi tuh soalnya mulut adalah cermin hati, cie..... jadi kalo atinya baik insya Allah mulutnya juga baik. Kalo atinya mikirinnya yang kotor-kotor kaya' baju kotor celana kotor.... got kotor dan lain sebagainya bisa-bisa mulut juga akan ngomongin hal-hal yang kotor juga. Makanya jagala hati...... jangalah lisan....    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...