Selasa, 08 Maret 2011

Cinta Sang ABG


Oleh Wanty Handayani Sutrisno


Masa ABG (Anak Baru Gede) rasanya semua asyik deh.., ngga ada beban. Masa di mana seseorang sedang mencari jati diri…”ini lho gue…gue yang perkasa…gue yang asyik sama diri gue…gue yang….terserah deh apa kata gue..”. Jaman sekarang ini zaman modern, beda sama zaman bokap-nyokap, beda masa gitu deh. Zaman bokap-nyokap kalau dinasihatin itu diam, nunduk, takluk (walaupun masuk kuping kiri ke luar kuping kanan..he..) Tapi kalau ABG sekarang dinasihatin, bilangnya nyeramahin, ngomelin, ngga sayang, pilih kasih. Dibilang jangan pacaran, itu ikhtilat, ngga ada tuh pacaran dalam Islam. Eh…malah ngasih alasan, katanya buat penyemangat belajar, hapy-happy-an gitu deh. Masya Alloh…musibah.


Ngomongin yang namanya “cinta” emang ngga pernah ada habisnya. Dari yang masih piyik sampai yang udah jadi biang, dari yang masih ABG sampai yang udah bau tanah. Cinta itu buta, ngga mengenal usia and status. “Love is blind” begitu kata Tiffany yang ngetop di tahun 90-an.  Kalau lagi jatuh cinta, semua terasa “endah”. Kalimat puitis bak penyair kagetan mengalir begitu saja “aku takut…kamu pergi, kamu hilang, kamu  sakit. Aku ingin…kau di sini, di sampingku…selamanya…”, tapi giliran diputusin, dunia terasa mau kiamat. Syair yang puitis jadi berubah melo “maaf..ku telah menyakitimu, telah kecewakanmu..”. Belum lagi kalau diputusin karena pasangannya selingkuh…Begini puisinya,


"coba kau pahami keadaanku
 ku hanya menguji kesabaranmu
 ternyata kau tlah salah menilaiku

kau tinggalkanku untuk cinta yang baru"

jangan memilih aku..bila kau tak sanggup setia..ihh…lebay.com.. Eh…mas, mbak…dibawa santai aja kaleeee.. Lelaki tuh ngga cuma dia doang… begitu juga yang perempuan. Masih banyak stok yang lebih dari itu. Kalau dia udah pergi, ya sudah..masa mau di photo copy..?

Tapi kadang heran juga ya kalau melihat sms ABG yang sedang jatuh cinta, bisa sebegitunya. Bahasanya itu lho…ampyuuuun…ga jelas gitu. Apa karena kebanyakan nonton sinetron atau karena takut mati gaya ya.. wah penulis perlu menyelidiki lebih dalam lagi nih, ada apa di balik fenomena ini? Apa lagi baca sms ABG yang sedang putus cinta, melonya…selangit. Gimana bisa melindungi pasangan..masa baru ditinggal perempuan aja udah patah semangat gitu, hidup segan, mati tak mau…rugi amat, mending kalau itu perempuan mikirin, kalau ngga..? buang-buang waktu aja.

Nah…para ABG… Yuk mari..kita isi hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat. Bermanfaat untuk diri sendiri, apa lagi kalau bisa bermanfaat untuk orang lain…wah..pahala banget tuh..Rugi banget deh kalau umur kita sudah berkurang, tapi amal kebaikkan kita belum bertambah. Di hari kiamat nanti, kita akan ditanya tentang empat perkara, tentang “umur” untuk apa dihabiskan, “ilmu” bagaimana mengamalkannya, “harta” dari mana mendapatkan dan membelanjakannya, dan” tubuh” bagaimana memanfaatkanya.

Seorang penyair berkata:
Berbekallah dengan ketakwaan, karena engkau tidak tahu apabila malam telah gelap, apakah engkau akan hidup esok hari? Betapa banyak orang yang sehat meningal tanpa didahului sakit. Dan betapa banyak orang yang sakit ternyata hidup lama. Betapa banyak seorang pemuda sore dan pagi harinya dalam kondisi aman, padahal kain kafannya telah digunting dan dia tidak mengetahuinya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...