Sabtu, 19 Maret 2011

Reinterpretasi Islam

Oleh : Abu Aisyah


Bila kita ditanya, apa sebenarnya Islam itu? Maka jawablah dengan tegas bahwa Islam adalah sikap pasrah kepada Allah ta'ala. pasrah dalam arti tunduk patuh kepada seluruh ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Kalau demikian bagaimana Islam menjadi sebuah jalan hidup? The Way Of Life adalah dalam Islam berarti menjadikan Islam sebagai induk dari segala permasalahan, dalam arti segala sesuatu harus disandarkan kepada Islam.
Menjadikan Islam sebagai Way Of Life berarti pula menyerahkan segala sesuatunya secara total kepada Islam. dalam hal ini tunduk patuh kepada aturan-aturan Allah ta'ala. Bisa jadi sebagian kita akan merasa seolah-olah hidup ini penuh dengan aturan dan kekangan, tidak bebas dan merdeka. Benarkah demikian?
Ketundukan dan taat dengan syariat sejatinya tidak mengekang kreatifitas manusia, ia adalah sebagai pedoman dalam setiap aktifitasnya. Sehingga sebagai sebuah pedoman ia memberikan panduan bagi semua aktiftas yang dilakukan. 
Jika kita masih merasa bahwa Islam hanya membuat hidup tertekan, atau Islam hanya membuat kita sulit berkembang maka ini adalah disebabkan kurang pahamnya kita tentang Islam. Ketundukan dan kepasrahan secara nyata akan memberikan sebuah kebebasan bagi manusia untuk melakukan apa saja yang dia inginkan tentunya dengan pedoman yang telah ada. 
Sebagaimana sebuah komputer, jika ia dijalankan tidak sesuai dengan pedoman dan prosedur yang benar tentu komputer tersebut akan eror. demikian juga kehidupan manusia, jika ia tidak mengikuti pedoman dan prosedur yang telah dibuat oleh Sang Pencipta niscaya hidup akan error dan penuh dengan kerusakan-kerusakan. 
Karena itu mari kita jadikan Islam sebagai pedoman yang akan menjadikan hidup kita lebih bermakna. Tanpanya hidupa akan sengsara.... tidak hanya di dunia namun juga di akhirat sana, semoga kita selamat di dunia dan di alam sana.....Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...