Jumat, 08 April 2011

Ikhtilaf Dalam Al-Qur’an


Oleh : Bambang Sahaja


"Rambut sama hitam, namun pikiran tidaklah sama" pepatah ini sangat cocok melihat keadaan dari masayarakat kita yang sering kali berbeda pendapat dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Dalam ruang lingkup agama, maka perbedaan pendapat adalah sesuatu yang tidak bias dihindari, rentang waktu yang cukup panjang sejak agama Islam ini diturunkan telah menghasilkan berbagai perbedaan pendapat yang terkadang membingungkan bagi sebagian kita.
Kita sering melihat adanya perseteruan di anatara berbagai kelompok dikarenakan perbedaan pendapat yang mereka hadapi, dari mulai adu mulut hingga bentrok fisik sering kali tidak bisa dihindarkan.
Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam memberikan berbagai gambaran dan tamsil  perbedaan pendapat yang terjadi pada umatumat sebelumnya. Di dalam beberapa ayat Al-Qur'an disebutkan adanya perbedaan pendapat yang terjadi di antara dua golongan yang telah diberikan kepada mereka Al-Kitab, mereka adalah kaum Yahudi dan Nasrani.
Keduanya berbeda pendapat tentang sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan keberagamaannya masing-masing.
Sebelum itu bahkan perselisihan dan perbedaan pendapat telah terjadi, di mana Allah ta'ala berfirman :
وَمَا كَانَ النَّاسُ إِلَّا أُمَّةً وَاحِدَةً فَاخْتَلَفُوا وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَبِّكَ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ فِيمَا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ(19)
Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih. Kalau tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu dahulu, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka, tentang apa yang mereka perselisihkan itu. QS Yunus ayat 19
Perselisihan yang terjadi di anatara umat manusia pada awalnya adalah penyimpangan sebagian mereka terhadap penyembahan hanya kepada Allah saja (tauhidullah).
Perselisihan demi perselisihan terus menerus terjadi, silih berganti datang berselang. Namun semua itu tidaklah jauh dari apa-apa yang telah termaktub dalam Al-Qur'an. Bentuk –bentuk Ikhtilaf yang termaktub di dalam Al-Qur'an adalah pokok dari berbagai perselisihan yang terjadi di dunia ini, dari mulai Adam di utus ke bumi hingga nanti menjelang kiamat tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...