Senin, 25 April 2011

Road To Zawaj 3

Siapkan diri ……. Menikah Ji... !  

Assalamu’alaikum, mudah-mudahan kamu yang lagi ngebaca tulisan ini sehat-wal afiat dan keselamatan ini semoga selalu tercurah buat kamu any where and any time (kapan saja dan di mana saja) tentunya.
Nah… salam ini berarti khan… ga kaya’ orang di luar Islam yang cuman ngucapin selamat pagi, selamat siang, selamat sore or selamat malam padahal sesudah itu ga' didoain lagi and nggak mau peduli mau sehat atau mau sakit sesudah diselamatin.
Lho… ko’ ngomongin orang sih , (awas yah… ghibah !). afwan (maaf) ya jadi ngelantur, habis sudah tradisi sih di mana-mana kalau ketemu pasti deh ngucapin selamat pagi, siang de el el, de es be, de es te, de es kelapa, de es cingcau (jadi haus nih).
Udah yah… mendingan ngomongin  tentang Dia, tentang kamu pokoknya tentang kita deh….
Tadi itu kita udah salam khan? sekarang ana pengin ngajak kamu untuk meneruskan membaca buku ini, mau nggak? kalau nggak mau yang terserah tapi ana mau terusin pembahasan ini.
Ana pengin ngajak kamu untuk Road to Zawaj (Apaan tuh ….?) sorry kita pakai dua bahasa, yang belum tahu buruan ambil kamus, kalau ngga ada ana kasih tahu deh, road to zawaj itu artinya perjalanan menuju pernikahan (wow nikah…ngga' ku..ku.. deh) karena itu singkatnya ana akan mengajak kamu menempuh sebuah perjalanan yang ujung-ujungnya ya…… nikah bo’!
Kenapa sih pakai perjalanan segala? ya…iyalah masa' ya iya dong! Soalnya biar kita tahu langkah-langkah apa saja yang harus kita tempuh ketika menuju pernikahan, dengan mengikuti langkah-langkah ini juga biar kamu tidak tersesat di rimba kejahiliyahan (ih seraaaam….) emang seram, itu baru di dunia bagaimana kalau di akhirat? tau khan yang namanya jahiliyah? Ana terangin dikit deh... Jahiliyah itu kehidupan yang tidak ada aturannya jadi masyarakatnya kacau. 
Dari sini kita kudu ngerti apa yang namanya pernikahan dan jalan-jalan yang harus ditempuh. Makanya dari sekarang siapin diri untuk menempuh perjalanan ini, dan kita akan memulai perjalanan ini, siapkan dirimu, siapkan dirimu, siap ilmu, siap iman, siaaaaap……….!!! (Tahun 2000 kalee....)
Are you ready? kalau belum mendingan dari sekarang nyiapin diri dulu, kalau udah sekarang kita akan memulai di langkah pertama yaitu :





























Siapkan fisik dan mental

Kalau urusan fisik mah… insya Allah siap-siap aja, tapi kayaknya perlu juga diperhatikan, jangan sampai deh mental udah siap eh.. fisiknya memble atawa sakit khan berabe… . Cara menyiapkan biar fisik kamu udah siap nikah ya lihat aja diri kamu, apa udah pernah  “Mimpi  basah“ atau ihtilam, tau khan? kalau belum itu berarti kamu masih anak-anak (kacian deh kamu). Nah… yang namanya anak-anak ya ga' usah mikirin nikah, mendingan belajar dulu (yang rajin dik.. ya…) dan ngga usah dulu baca tulisan ini. Stop sampai di sini!
Tapi, buat kamu yang sudah pernah mimpi basah (ehm….) ya terusin deh baca buku ini, karena itu berarti kamu udah dewasa dan udah siap untuk menikah.
Sebenarnya sih urusan fisik ga cuman itu aja, soalnya ada masalah yang lebih besar dari itu (Hayo apaan?), coba deh baca sabda Nabi :
يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ
“Wahai para pemuda barang siapa diantara kalian yang telah siap ba’ah maka segeralah menikah karena hal itu lebih menundukan pandangan dan lebih baik pada farji barang siapa yang belum mampu maka handaklah ia berpuasa karena hal itu bisa dijadikan sebagai tameng.” HR Bukhary dan Muslim.
Nah kata ba’ah di hadits tersebut merupakan tanda-tanda fisik yang sudah siap untuk menikah saudara-saudara! ba’ah sendiri menurut ulama berarti telah mampu untuk melakukan hubungan …… (Sensor yah.. ).
Jadi kalau kamu sudah mampu untuk “itu“ berarti kamu udah siap untuk nikah. Dan buat yang belum mampu, kayaknya perlu diperiksakan ke dokter spesialis tuh…..jangan-jangan ada kelainan.
Sebenarnya makna ba'ah  sandiri juga mencakup kemampuan untuk memberikan nafkah lho, tapi biasanya kalau hal ini dibicarakan kebanyakan ngeper duluan alias ga' mampu, "Kecil-kecil jadi manten" udah bisa ngasih makan anak orang belon? (baca belum).
Kalau dari segi finansial emang bener-bener belum mampu yah.... terusin baca haditsnya, yaitu hendaknya kamu kudu banyak-banyak puasa deh biar dorongan syahwat itu terkurangi, bukan dihilangkan yah. Bisa juga disalurkan ke hal-hal yang positif seperti olah raga dan lain sebagainya.     
Nah itu tadi kesiapan fisik, sekarang kesiapan mental, bagaimana mengetahuinya? jawabnya ya… terusin baca buku ini.
Yang namanya kesiapan mental biasanya berhubungan dengan ruh atau jiwa kita yang terbentuk dari beberapa elemen seperti akal, perasaan, hati dan emosi. Semua itu harus kita siapkan. Misalnya akal, ngga’ mungkin kan orang yang akalnya kurang mau menikah, lagian siapa yang mau?
Kesiapan akal berarti akal kamu sudah siap dengan segala konsekuensi setelah menikah demikian juga hati, emosi dan perasaan, semuanya sudah siap dan memahami segala perbedaan antara sebelum menikah dan sesudah menikah, beda sekali lagi ….dua kali lagi….
Kesiapan perasaan biasanya berkaitan dengan perasaan kamu sebagai calon abi (ayah, buat yang laki-laki)….. Abi...... enak gak rasanya? nah ini tugas kamu untuk sharing dengan abi-abi yang sudah pengalaman, cari tahu bagaimana perasaannya menjadi abi or ayah. Kalau udah begitu bisa dibandingkan dengan perasaan kita, apa kita udah siap kalau nanti malam-malam ada yang menangis minta digendong? (repot ga sih...? enggak lah)
Yang urgen banget nih, yaitu kesiapan hati. Ngomongin masalah hati kayaknya gak bakalan ada habisnya, biasanya ia berkaitan dengan emosi kamu, kalau dulu waktu kamu masih sendiri biasanya ke mana aja bebas (XL kaleee), sekarang kalau udah menikah beda bro….. udah ada yang nyuciin baju, udah ada yang nungguin di rumah dan kadang-kadang nih udah ada ngomelin segala tingkah laku kita, jangan takut itu adalah bentuk perhatian die…… he…he….
Eh… ada yang lupa neh, bilang sama ortu, kudu itu, masak mau merit ortu aja gak tahu, nggak mungkin lah. Makanya kamu kudu bisa ngambil hati orang tua kamu, kalau perlu ambil jantungnya (hah… jantungnya? wafat dong?) maksudnya nggak begitu lah, kamu harus pedekate sama ortu kamu, jelasin segala hal yang menyangkut masalahnya. Dengan perkataan yang layyinah (lemah-lembut)  insya Allah ortu mah… oke aja deh.
Apalagi kalau dari awalnya kamu udah nge-fren sama papa and mama, dijamin beliau mempersilahkan dengan senang hati. Masak mau jadi kakek-nenek kok keberatan. Nggak mungkin kan?
Cuman kalau emang ada masalah dengan orang tua yah… kamu selesaikan dulu masalahnya, mungkin masalah pilihan kamu yang nggak cocok dengan beliau, atau kamunya yang belum manyebutkan alasan-alasan kamu kenapa harus segera menikah.   
Kalau fisik dan mental kamu udah siap dan orang tua juga udah ngasih lampu hijau, sekarang kita akan melanjutkan langkah berikutnya yaitu cari...cari... carilah….. pasangan hidup betul-betul oh kawan….. (ngambil nasyednya Rabbani yah..nggak boleh lagi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...