Sabtu, 07 Mei 2011

Apakah Syahadat itu?

Oleh : Kak Abdu

Syahadat adalah persaksian kita bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad ada utusan Allah. Sederhana bukan? arti syahadat berarti kita harus meyakini bahwa tidak ada tuhan di dunia ini selain Allah ta'ala saja, dan kita juga harus yakin bahwa Nabi Muhammad itu adalah seorang hamba sekaligus utusan Allah.
Syahadat adalah rukun pertama dalam Islam, sehingga ia seperti sebuah pintu untuk memasuki bangunan Islam. Kalian tahu pintu tidak? "Kak Abdu, saya tahu,  pintu adalah bagian rumah yang harus kita lewati ketika akan memasukinya" Tepat sekali, kalau pintu berfungsi sebagai jalan untuk memasuki rumah, maka syahadat juga seperti itu. Ia menjadi syarat seseorang yang akan masuk ke dalam Islam. Jadi seseorang itu belum menjadi orang Islam kalau belum mengucapkan dua kalimat syahadat tersebut. 
Syahadat sendiri terdiri dari dua persaksian, yang pertama persaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Adapun yang kedua persaksian bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Dua persaksian ini di sebut juga dengan dua kalimat syahadat, namun agar lebih mudah kita sebut syahadat saja.
Jadi syahadat adalah salah satu dari rukun Islam. Ia merupakan syarat bagi seseorang ketika akan masuk Islam. Syahadat ini harus diucapkan oleh siapa saja yang ingin masuk ke dalam Islam.
Kalau kita yang sudah Islam sejak lahir bagaimana? Sebagai orang Islam kita tentu telah bersyahadat berpuluh-puluh kali. Di dalam shalat misalnya, selalu kita membaca syahadat ketika membaca tahhiyyat  baik awal ataupun akhir. Sudah bisa melaksanakan sholat bukan? Kalau belum coba tanya sama abi atau ummi, insya Allah kamu juga akan bisa melaksanakan sholat dengan benar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...