Selasa, 10 Mei 2011

Bosan Dengan Pasangan


Oleh : Abu Aisyah


Apa jadinya jika anda suatu saat bertemu dengan seseorang yang pernah menyakiti anda? Perasanb tidak suka, benci dan dendam tentu saja akan segera muncul. Bagaimana jika orang yang pernah menyakiti kita tersebut adalah pasangan kita yang hidup serumah dengan kita? Bisa jadi rumah seharusnya menjadi surga akan menjadi neraka dunia.
Rumah tangga memang penuh dengan problema, dari dua karakter manusia yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, pola pikir yang berbeda, latar belakang keluarga hingga pendidikan yang berbeda adalah pintu-pintu bagi terbukanya konflik dalam rumah tangga. Walaupun kecil, jika dipendam dan dibiarkan bisa jadi akan menjadi bom waktu yang suatu saat akan meledak. Bisa jadi sebelum bom itu meledak muncul perasaan bosan dengan pasangan. Pernah merasakan yang demikian?
Hipotesa saya menunjukan bahwa sebagian besar orang akan merasa bosan dengan pasangan. Entah itu karena sikapnya, tingkah laku atau penampilannya. Seperti disebutkan di awal bahwa rasa bosan ini sesuatu yang wajar, karena bertemu setiap hari dengan suasana yang itu-itu saja tentu saja sangat monoton dan membosankan. Apalagi jika beberapa kali pasangan kita berbuat sesuatu yang menyakiti kita.
Bosan dengan pasangan bisa jadi karena rumah tangga tidak memiliki aktifitas yang menyegarkan semisal rekreasi, jalan-jalan bareng atau sekadar keluar mencari udara segar. Dalam kehidupan suami istri tentu saja rasa bosan akan muncul, terutama pada pasangan yang telah menikah lebih dari sepuluh tahun.
Bagaimana agar rasa bosan dengan pasangan itu hilang, minimal berkurang? Jawabannya adalah membuat suasana menyenangkan dengan mengadakan refreshing dan menciptakan suasana berbeda di rumah. Namun bagaimana jika hal tersebut tidak mengobati rasa bosan? Jawabannya adalah kembali ke ajaran Islam, yaitu merasa cukup dengan yang halal dan tidak melihat orang lain yang seoalh-olah lebih bahagia dari kita. Hal ini bisa terwujud dengan mempelajari Islam, aturan-aturan-aturan serta hukum-hukumnya terutama berkaitan dengan masalah rumah tangga. Kebosanan itu muncul karena rasa tidak puas dengan apa yang ada, padahal hal ini sangat tidak disukai oleh Islam, jika engkau bersyukur maka akan ditambah kenikmatan tersebut. Selain itu rasa bosan terhadap pasangan adalah salah satu dari godaan syetan agar terjadi konflik dalampasangan rumah tangga tersebut. Karena itu kuatkan iman agar rasa bosan dengan pasangan tidak menimpa kita. Kalau tetap bosan? Ya…. istighfar aja bisa jadi sudah kena godaan syetan sehingga mencari yang haram padahal sudah ada yang halal. Wallahu a’lam.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...