Selasa, 10 Mei 2011

Inner Beauty, Jangan Salah Arti !

Eric Newton dalam bukunya The Meaning Beauty (1950) mengatakan bahwa kecantikan adalah sesuatu yang menimbulkan rasa senang pada manusia. Ibnu Qoyyim dan Ibnu Taimiyah mendefinisikan keindahan / kecantikan dengan perpaduan harmonis antara hati (qolbu) dan amalan badan.
Mungkin kita sering mendengar istilah inner beauty, namun tahukah anda apa sebenarnya inner beuty itu dan bagaimana cara kita mengembangkannya ? Menurut Rustika Tamrin S.Psi bahwa inner beauty adalah pancaran jiwa seseorang  yang terefleksi dalam sikap hidup optimis, penuh percaya diri, memiliki pandangan hidup yang jelas dan mampu mengeksplorasi potensi positif diri. Definisi-definisi di atas dapat mewakili apa sebenarnya inner beauty.
Setelah kita tahu apa itu inner beauty lalu bagaiman cara kita mengembangkannya ? inner beauty dimiliki oleh semua manusia secara alami dia telah ada dalam diri manusia namun pengembangannya sangat ditentukan oleh manusia yang bersangkutan, dengan “sentuhan tangan“ inilah inner beauty akan samakin berkembang dan memancarkan kilauannya.
Bagaimana posisi inner beauty dalam pandangan Islam ? Islam sebagai Dien (sistem hidup) yang sempurna begitu memperhatikan tentang hal ini (inner beauty), Islam memandang bahwa manusia tidak akan disebut sebagai manusia jika dia tidak mempunyai akhlak dan adab yang mulia, akhlak Islamy inilah yang menjadi pondasi dasar bagi tumbuhnya inner beauty.
Tepat sekali bahwa inner beauty terbangun dari kekuatan Spiritual Quotien (Kecerdasan Spiritual), dengan akhlak islamy inilah kita akan mengembangkan inner beauty yang sebenarnya, secara terperinci langkah-langkah yang harus ditempuh agar inner beauty kita semakin berkembang adalah :
1.                  Tauhid kepada Allah ta’ala adalah unsur pertama dalam mengembangkan inner beauty, kenapa ? karena dengan tauhid yang hanif jiwa seseorang akan merasa tenang damai dan aman. Allah ta’ala berfirman :
الَّذِينَ ءَامَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
            Dan orang-orang yang beriman yang tidak mencampur adukan keimanan mereka dengan kedzaliman (kesyirikan) mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan  (kedamaian)” QSAl-An'am ayat 82. Orang merasa damai  dan  aman akan memancar dalam tingkah lakunya yang akan membawa pesona diri kita.
2.                  Beriman kepada Qadha dan Qadar Allah ta’ala :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
            Dan Kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik penciptaan “ QS At-Tin : 4 . Jika kita mendalami ayat ini maka akan timbul sebuah perasaan percaya diri kita yaitu bahwa kita diciptakan dengan sempurna, kepercayaan inilah yang mampu mendambah sinergi hidup.
3.                  Akhlak Islamy. Inner beauty bukanlah sesuatu yang tampak sekali pandang namun ia adalah pesona diri dari tingkah laku sehari-hari sehingga ketika kita bergaul dengan seseorang dan semakin lama kita semakin merasakan bahwa orang tesebut mempunyai inner beauty yang bagus, tidak lain semua itu berasal dari akhlak dan perilaku yang mulia. Dan untuk mewujudkan semua itu kita harus selalu memperbaiki dan menghiasi akhlak kita dengan akhlak Islamy, bukankah ini adalah salah satu tujuan Islam, sebagaimana sabdanya :
إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ
            Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.
4.                  Ikhlas. Inner beauty muncul dari dalam hati, bukan dari mulut atau perilaku sesaat, keikhlasan hati bahkan mempunyai jejak yang nyata pada perilaku dan tindakan seseorang.
5.                  Cerdas. Seseorang yang mempunyai inner beauty yang tinggi bukanlah orang yang paling pintar dan pandai di lingkungannya, tetapi dia adalah orang yang cerdas dalam artian mampu memilih apa yang terbaik untuk dirinya dan lingkungannya yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam.
Itulah beberapa langkah untuk mengembangkan inner beauty, seperti diketahui bahwa inner beauty terpancar dari hati yang ikhlash yang memang tidak dikotori oleh kesyirikan kemaksiatan dan penyakit hati lainnya. Dan cara agar bisa mengembangkan inner beauty yang benar adalah dengan menghiasi diri kita dengan akhlak Islamy. Kemudian kita jangan sampai terjebak pada outter beauty yaitu pesona luar di mana kebanyakan masyarakat kita menyalahartikan inner beauty menjadi outter beauty keduanya sangatlah berbeda, outter beauty lebih cenderung kepada penampakan fisik saja, sedangkan inner beauty merujuk kepada hati yang baik yang memancarkan perilaku ( akhlak ) yang mulia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...