Selasa, 10 Mei 2011

Sunnah Nabi Jangan Dicaci

Oleh : Abu Aisyah


Di antara kesombongan orang-orang modern adalah sikap mereka yang menganggap bahwa segala sesuatu yang telah terjadi di masa lalu adalah bentuk kekolotan, kemunduran, ketidakmajuan, primitif dan lain sebagainya. Sehingga mereka cenderung akan antipati ketika melihat sejarah dipraktekkan di zaman modern ini. mereka akan merasa aneh jika seorang laki-laki memakai jubah....."kaya cewek" katanya. Padahal perempuan zaman sekarang jarang yang mau pakai daster. Laki-laki berjenggot dibilang kambing atau pasukan jenggot merah, celana ngatuung dibilang kebanjiran. Yang akhwat pakai cadar dibilang ninja or teroris.  
Lebih parahnya, sikap ini juga menghinggapi kaum muslimin, sikap mereka begitu sinis manakala melihat sunnah-sunnah Nabi dilaksanakan di zaman ini. "Masa kita mau kembali ke zaman onta" begitu kata mereka. Padahal sunnah-sunnah Nabi  yang mulia adalah wahyu dari Allah ta'ala :
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى(3)إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى
…dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). QS An-Najm ayat 3-4.
semua ucapan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam adalah wahyu, sebagaimana sabdanya "Tidaklah keluar dariku kecuali Al-Haq (kebenaran)" 
Mengolok-olok sunnah-sunnah Nabi dan juga ayat-ayat Allah lainnya adalah termasuk bentuk kekufuran, Al-Qur'an sendiri menegaskan tentang hal ini :
قُلْ أَبِاللَّهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُون, َ  لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ(66)
Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?" Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema`afkan segolongan daripada kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. QS At-Taubah ayat 66.
Inilah balasan bagi orang-orang yang mengolok-olok atau menghina agama Allah, termasuk juga menghina sunnah-sunnah nabiNya. Hal ini berlaku pula bagi kelompok-kelompok yang mencaci-maki sunnah-sunah Nabi dan juga para sahabatnya. 
Semoga kita terhindar dari mengolok-olok sunnah-sunnah beliau, apalagi kita yang tidak mengetahui hukum-hukumnya. hanya ikut-ikutan saja dan dengan mudahnya menghina sunnah-sunnah nabi yang mulia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...