Minggu, 06 November 2011

Today Is Our Celebration Day...



           
           Alloh Akbar.... Alloh Akbar.... Alloh Akbar....La ilah ilallohu Allohu Akbar Allohu Akbar walillahilamd. Hari Raya Idhul Adha telah tiba gemuruh takbir, tahmid dan tahlil membahana di ranah Nusantara. Yah... this is our celebration (ini adalah hari raya kita) Idhul Adha hampir setia tahun berulang, bagaiman animo masyarakat ? biasa saja, sholat ‘Idh pulang kerumah potong qurban lalu malamnya nyate. Tidak ada perbedaan mencolok dari hari-hari biasa, makna Idhul Adha sendiri telah bias oleh rutinitas itu. Haruskah kita nrimo dengan apa yang ada ? atau kiat menginginkan sesuat yang lebih dari semua rutinitas ini ? sekali lagi ini adalah hari raya kita, kenapa kita tidak merayakannya, membuat sebuah festival, perlombaan, permainan dan ciri khas lain dari hari raya, apakah masyarakat kita sudah bosan dengan banyaknya “ hari raya “ yang mereka rayakan ? sebuah pertanyaan besar yang akan kita coba bahas pada kesempatan kali ini.  
            Alloh ta’ala berfirman : “ Dan sebutlah nama Alloh pada hari-hari yang ditentukan itu “ QS Al-Hajj : 28. Rosul bersabda : Sungguhh Alloh telah menggantikan dengan dua hari raya yang lebih baik dari dua hari raya tersebut ( hari raya orang madinah ) yaitu hari raya Idhul adha dan hari raya Idhul Fitri “ H Ahmad. Idhul Adha adalah hari raya umat Islam yang harus dirayakan karena Alloh ta’ala telah memilihnya sebagai hari raya kita, hari raya adalah hari untuk bersenang-senang, berdzikir mengingat Alloh dan hari makan dan minum. Namun hari raya ini ternyata belum mendapat perhatian secara benar oleh kaum muslimin, yang ada adalah setiap hari raya datang selalu menjadi ajang festival konsumsi, dimana semangat pergantian mode dan fashion telah dilalap oleh industri ikalandan televisi hanya untuk keuntungan semata, hari raya hanya sekadar simbol ( icon ) dan tanda-tanda yang diyakini sebagai artefak ketakwaan seseorang.
            Secara jujur kita katakan bahwa Value of Spiritual yang kita miliki semakin mengambang kearah prestise materilasistik. Hal ini mengakibatkan kita salah arah dalam merayakan hari raya ini. Sebagian kita begitu cuek ketika hari raya ini datang, atau ada juga yang bersikap seperti seseorang yang memiliki anak tiri yang malakukan kesalahan, sungguh memprihatinkan jika kita bersikap seperti itu pada hari raya ini. Ada apa sebenarnya dibalik sikap masyarakat kita ini ? Idhul Adha jatuh hanya selang satu bulan setelah Idhul fitri dan hanya setengah bulan dengan tahun baru masehi dan Valentine Day yang menyesatkan remaja kita. Hanya beberapa bulan kedepan masyarakat kita akan merayakan Maulud Nabi, Isro’ Mi’roj, Muharam, Nisfu Sya’ban dll. Begitu banyak “ hari raya “ yang akan diperingati oleh ummat Islam belum lagi perayaan-perayaan yang bersifat duniawiyah seperti Agustusan. Ulang tahun  dll. Saya melihat bahwa semua itu mengakibatkan masyarakat msulim kita begitu bosan dan terbiasa dengan hari-hari raya mereka. Salahkah mereka ? tidak... yang salah adalah para pembesar yang selalu memacu terjadinya perayaan-perayaan itu, padahal seperti kita tahu bahwa hari raya bagi Ummat Islam hanya ada dua yaitu hariraya Idhul Adha dan hari raya Idhul Fitri, dan selain dari keduanya adalah sesuatu yang tidak pernah disyari’atkan. Bagaimana kita akan merayakannya ? jelas sebagai seorang muslim yang berpegang kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah maka tidak layak hari-hari itu kita rayakan bukankah hal itu juga tidak pernah dirayakan oleh Nabi, Shahabatnya, dan orang-orang yang berada diatas jalannya, kenapa kita harus memperingatinya ?
            Masyarakat kita sibuk dengan “ hari raya-harai raya yang mereka buat sendiri, cobalah anda lihat bagaimana ummat memperingati maulid Nabi, Isro Mi’roj begitu meriah peringatan itu, juga festival-festival yang diadakan menjelang tahun bariu Hijriah ( Muharam ) dengan alasan menghidupkan syiar Islam mereka membuat berbagai acara menjelang pergantian tahun baru Islam itu, bolehkah semua itu ? hari raya adalah bagian dari ibadah dan ibadah itu harus ada contohnya dari Nabi dan Shahabatnya, jika mereka tidak melaksanakannya berarti hal itu bukanlah sebuah kebaikan bahkan itu sebuah kesesatan.
            Kita harus puas dengan apa yang telah datang dari Alloh dan Rosul-Nya termasuk dengan hari raya ini. Rayakanlah keduanya dengan sebaik-baiknya, rayakanlah Idhul Adha ini jangan dianggap sebagai anak tiri, agungkanlah nama-Nya dan bersenang-senanglah selam tidak bertentangan dengan Syari’at. Dan segera tinggalkan perayaan-perayaan yang tidak ada aturannya dalam Islam, karen asemua itu adalah perkara-perkara yang baru yang tidak pernah dicontohkan oleh Rosul.
            Akhirnya dari pembahasan ini dapat kita simpulkan bahwa :
  1. Idhul Adha adalah hari raya kita dan kita disyariatkan untuk merayakannya.
  2. Spirit of Islam ( Ruh Islam ) harus segera kita bangunkan sehingga ummat Islam mampu mengambil hikmah dari perayaan ini.
  3. “ Hari raya- haru raya “ yang meraeka rayakan yang tidak berasala dari Islam dan tidak ada sumber yang Shahih maka itu bukanlah hari raya dan harus kit abuang sejauh-jauhnya.
  4. Keringanan ( Rukhshoh )  bagi kita pada hari raya untuk menabuh rebana ( Duf ) bagi anak kecil sebagai sebuah bentuk perayaan.
  5. Tugas kita bersama untuk merubah imej masyarakat kita yang cuek dengan Idhul Adha ini.
  6. Buang sejauh-jauhnya simbol-simbol agama yang tidak ada contohnya dari Nabi yang hanya menjadi ajang bisnis komersil yang banyak menyesatkan ummat serta mendangkalkan aqidah ummat.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...