Senin, 13 Februari 2012

Tips dan Trik agar Istri Pandai Masak



Oleh : Bambang Sahaja


No body perfect, sudah pasti yang namanya manusia itu tidak ada yang sempurna, tapi kalau ternyata ketidaksempurnaan itu berkaitan dengan hal-hal yang diperlukan sehari-hari maka apa jadinya? Yup…. Bagaimana kalau istri kita ternyata tidak pandai memasak? Ini hasil obrolan saya dengan beberapa teman yang memiliki nasib sama “Istri saya tidak pandai memasak” itu kata seorang teman dari Pontianak. “Istri saya juga, penginnya makan enak tapi gak pandai masak” ini kata teman yang satu lagi dari Bekasi.
Memang sih, ini bukan masalah utama dalam rumah tangga, tapi kalau dibiarkan berlarut-larut bisa jadi masalah besar lho… gak percaya? Ini cerita teman saya yang dari Jakarta, gara-gara istrinya tak pandai masak, maka mau tidak mau dia setiap hari harus membeli nasi padang. Bisa dibayangkan anggaran makan yang otomatis membengkak. Awalnya pengin hemat waktu pertama kali menikah, eh justru pernikahan hampir setahun tetap saja istrinya belum pandai-pandai masak.
Masalah istri tidak pandai memasak kalau di mata lelaki sepertinya bukan masalah sepele, sampai-sampai seorang teman saya dari kawasan Klender memberikan syarat khusus untuk mencari pasangan hidup, syaratnya yaitu “Harus bisa masak ala warung Nasi Padang” akhirnya memang jodoh ia mendapatkan juga seorang akhwat dari padang dan tentunya pandai memasak masakan padang.
Nah… bagaimana kalau ternyata itu terjadi pada kita? Sepertinya harus ada jurus jitu biar sang istri bisa pandai memasak. Mau tahu tips dan triknya? Ini dia….
Pertama, mengikutkan istri dalam kursus masak, langkah ini sangat efektif walaupun membutuhkan dana yang cukup besar. Tapi kalau dihitung-hitung anggap saja investasi, agar langkah ini efektif sebaiknya pilih tempat kursus dan materi khusus yang membahas tentang menu-menu dan jenis masakan yang kita sukai saja..
Kedua membelikan berbagai buku resep masakan kesukaan. Cara ini cukup ampuh karena dengan adanya buku yang selalu tersedia istri akan tergugah untuk terus belajar memasak. Untuk pemilihan buku masakan sebaiknya pilih buku masakan yang mudah dipraktekan, jangan sampai beli buku resep masakan yang isinya masakan ala bintang lima apdahal istri masaka ala kaki lima aja susah. Lebih bagus lagi kalau bukunya dilengkapi dengan langkah step by step memasak.
Ketiga mengajarkan cara memasak yang baik dan benar, ini berlaku untuk para suami yang suka memasak. Saya sendiri juga suka masak, cuman karena sudah menikah jadi hoby itu sudah mulai punah.  Langkah ini sangat efektif selain menjadikan istri bisa masak sesuai dengan selera kita, ada efek lainnya yaitu rasa kebersamaan yang kian terjalin. Kalau bisa cari waktu-waktu santai biar bisa masak bareng di dapur. Buat para suami juga jangan gengsi kalau ngajarin istrinya masak…
Kalau ketiga langkah tersebut belum berhasil juga, maka sering-sering saja mengajak istri ke rumah orang tua biar tahu cara memasak orang tua kita. Selain bisa bersilaturahmi istri juga jadi tahu apa saja masakan yang menjadi favorit kita. Nah mudah-mudahan tips dan trik ini bisa dilakukan, minimal biar para suami juga tidak kecewa dengan keadaan istrinya yang kurang pandai memasak.
Kalau belum berhasil juga? Wah… saya tidak bisa berkomentar deh…. Tanya saja sejak awal komitmen untuk menikah, apakah ada kewajiban istri untuk memasak atau tinggal beli di luar? Kalau komitmen tidak memasak menjadi kesepakatan yang nikmati saja, toh uang ada tinggal beli saja khan. Gak repot…   


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...