Senin, 07 Mei 2012

Akhlak kepada Guru, Ulama dan Ustadz



Setelah kita berakhlak kepada Allah, nabi dan orang tua maka wajib kita pula berakhlak kepada guru, ulama, para ustadz karena mereka pula yang mendidik kita sehingga kita memiliki ilmu yang bermanfaat, kita mengenal tauhid, kita mengenal Islam, kita menjadi mulia karena diajar oleh mereka, kita menjadi selamat dunia dan akhirat. Sehingga ada pepatah yang mengatakan dahulukan menghormati guru  setelah menyembah Allah. Maksudnya para guru, para ahli ulama dan ustadz yang mengajar kepada kita untuk mengenal tauhid, mengenal Allah, menjadi kita berakhlak mulia.
Oleh sebab itu, sopanlah kepada mereka sayangilah kepada mereka, berbuat baiklah kepada mereka, terimalah ilmu yang diberikannya, janganlah benci kepada mereka, janganlah benci kepada pelajarannya, ikutilah perintahnya, hafalkanlah pelajarannya, laksanakanlah tugas-tugasnya yang diberikannya baik di sekolah maupun di rumah.
Kalau bertemu ucapkanlah salam kepadanya, cium tangannya, ikuti nasihatnya, ucapkan terima kasih kepadanya, jangan bersikap sombong, membangkang, menentang kepadanya. Kalau guru masuk kelas sambutlah kepadanya dengan berdiri dan mengucapkan selamat kepadanya. Dalam kelas hendaklah duduk dengan rapih dan jangan membuat kegaduhan dalam kelas. Kalau sakit jenguklah dan doakan kesembuhan kepadanya. Janganlah kamu lupa akan kebaikannya selama hidupmu.
Rasulullah bersabda : Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...