Kamis, 03 Mei 2012

Akhlak Series



Oleh : Drs. Mursalin Ismail
 
1.      Harus memiliki keyakinan yang utuh bahwa Allah itu benar-benar ada. Buktinya bahwa langit bumi, bintang-bintang di angkasa raya tadinya tidak ada sekarang telah ada. Demikian juga diri kita pun tadinya tidak ada sekarang kita telah ada berarti ada yang menciptakan yaitu Allah SWT. 
2.      Harus memiliki keyakinan bahwa Allah itu Esa. Buktinya kalau Allah lebih dari satu maka akan terjadi perebutan kekuasaan antara Allah dengan sekutuNya dan terjadi peperangan antara Allah sehingga apa yang ada di langit dan di bumi akan hancur. 
3.      Harus memiliki keyakinan bahwa kita disayangi Allah, diurus, diberikan rahmat, diberikan nikmat yang begitu banyak sehingga kita dapat hidup, kalau tidak kita menjadi susah. 
4.      Harus selalu memuliakan, mengagungkan, mengingat Allah niscaya kita akan dimuliakan, diagungkan dan diberikan rahmat oleh Allah. 
5.      Pandailah bersyukur akan nikmat niscaya Allah akan menambah nikmatNya kepada kita dan jangan kufur akan nikmat Allah yang mengakibatkan kita akan mendapat adzab dari Allah. 
6.      Cintailah Allah yang melebihi kecintaan kita dari segala-galanya. 
7.      Hanya kepada Allah kita beribadah, bergantung, memohon petolongan jangan kepada yang lain. 
8.      Bahwa apa yang ada di langit dan bumi termasuk kita dimiliki dan kuasai oleh Allah sebab Allah yang menciptakannya. 
9.      Taat kepada Allah dengan cara mengikuti perintahNya dan tidak mengerjakan apa yang telah dilarangNya
10.  Janganlah menyekutukan Allah dengan sesuatupun dan dalam keadaan bagaimanapun. 
11.  Terimalah ketentuan Allah baik dalam keadaan senang, susah, sehat, sakit, kaya miskin dan lain-lain. 
12.  Janganlah menyombongkan diri di muka bumi Allah seperti merasa lebih hebat, lebih pintar, lebih kaya, lebih kuat, lebih cantik dan lain-lain. Semua itu menyebabkan murkanya Allah sebab sifat yang demikian tidak disenangi oleh Allah dan tidak disenangi manusia. 
13.  Berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah berbuat kerusakan di muka bumi Allah.
14.  Umat sesuatu bangsa dinilai dari baik dan buruknya Akhlak/moralnya bukan dari kekayaannya, kepintarannya, kebagusannya dan kecanggihan persenjataan perangnya dan banyaknya serdadu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...