Jumat, 27 Juli 2012

Ilmu Falak Series : Tarikh Yuliah

Oleh : KH. Syakur Chudlori

A.      Tarikh Yuliah (Tarikh Masehi Gaya Lama)
Tarikh ini berlandaskan pada perjalanan (semu) matahari mengelilingi bumi. Orang yang berjasa dalam pembentukannya adalah Julius Caesar sewaktu beliau sedang memegang tampuk kerajaan Romawi, atas nasehat Sosigenes seorang ahli astronomi Iskandariyah yang mana ia mencontoh kalender Mesir di mana negeri itu telah berabad-abad menggunakan kalender tahun matahari.
Tarikh Yulian ini dimulai sejak tanggal satu Januari tahun 45 sebelum Masehi (SM) dengan ketentuan sebagai berikut ?
1.      Satu tahun ditetapkan rata-rata 365, 25 hari
2.      Tahun biasa (basithah) lamanya 366 hari
3.      Tahun panjang (kabisah) lamanya 366 hari
4.      Satu kali dalam empat tahun terjadi tahun kabisah yang mana ketentuannya adalah : tahun-tahun yang habis dibagi empat merupakan tahun kabisah , sedang yang tidak habis adalah tahun basithah
5.      Kelebihan satu hari dalam tahu kabisah dimasukan dalam bulan februari. Jadi lama hari dalam bulan Pebruari yang dalam tahun basithah berjumlah 28 hari pada tahun kabisah menjadi 29 hari
6.      Permulaan tahun ditetapkan pada bulan januari (sedang sebelumnya pada 1 Maret.
7.      Titik permulaan musim bunga ditetapkan pada tanggal 24 Maret
Sebenarnya sebelum Julius Caesar orang Romawi telah mengenal nama-nama sebagai berikut :
1.      Martinus : 31 hari
2.      Aprilis : 29 hari
3.      Majus : 31 hari
4.      Junius : 29 hari
5.      Quintilis : 31 hari
6.      Sextilis : 29 hari
7.      September : 29 hari
8.      Oktober : 31 hari
9.      Nopember : 29 hari
10.  Desember : 29 hari
11.  Januarius : 29 hari
12.  Februarius : 28 hari
Jadi satu tahun berjumlah 355 hari (sama dengan tahun kabisah dalam tahun hijriyah)
Karena satu tahun syamsiyyah berjumlah antara 365 dan 366 hari, maka jumlah hari pada setiap bulan di atas oleh Julius Caesar dirubah seperti yang kita lihat sekarang ini.
Bulan kelima yang semula quintilis dirubah menjadi Julisu / Juli untuk kehormatan Julius Caesar yang lahir pada bulan tersebut. Sedang bulan keenam yang semula bernama Sextilis dirubah menjadi August/Agustus untuk kehormatan Kaisar Augustus karena peristiwa-peristiwa penting pada kaisar itu terjadi pada bulan tersebut dan lama harinya dijadikan 31 hari agar tidak kalah besar dengan bulannya Julius Caesar (31).
Untuk menetapkan permulaan hari Tarikh Yulian menjadi satu Januari yang semula satu Maret, dan permulaan muslim buunga menjadi tanggal 24 Maret, maka jumlah hari tahun 45 SM diperpanjang yaitu menumpukan bulan Januari dan bulan Pebruari pada bulan Nopember dan Desember karena itu tahun 45 SM tersebut disebut orang tahun kacau (annus compusionus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...