Selasa, 28 Agustus 2012

Misteri Kehidupan


Oleh : Abu Aisyah


Life is Amazing, hidup ini memang benar-benar menakjubkan. Bagaimana tidak, laksana roda yang penuh misteri ia terus berputar tanpa satu orangpun mengetahui ke mana arah putaran tersebut. Bisa jadi putaran roda kehidupan itu sangat cepat sehingga merubah kehidupan seseorang secara spontan, atau roda itu berputar sangat lambat sehingga hingga bertahun-tahun seseorang selalu berada di bagian bawah kehidupan.  Perputaran roda kehidupan sesungguhnya adalah misteri kehidupan yang tidak ada satu orangpun yang mengetahuinya, hanya Ar-Rahman yang mengetahui semua misteri kehidupan ini, manusia hanya bisa beriman dan berusaha agar roda kehidupan itu bisa berputar kea rah yang dikehendakinya.
Masalah utama dalam hidup sesungguhnya bukanlah posisi kita dalam lingkaran roda kehidupan, justru sikap dan mental kita yang menjadikan hidup ini akan tetap menyenangkan di manapun posisi kita. Menikmati posisi dalam hidup adalah jawaban bagi siapa saja yang ingin menyibak misteri kehidupan. Jika selama ini kebahagiaan itu identik dengan posisi yang secara dzahir serba berlebihan, maka sudah selayaknya kita merubah persepsi ini. Kebahagiaan, kesenangan, dan kenikmatan kehidupan bukanlah monopoli orang-orang kaya yang secara materi memiliki kelebihan di mana posisi mereka berada di roda kehidupan bagian atas. Kebahagiaan hidup sangat ditentukan bagaimana cara kita memandang kehidupan ini.
Bisa jadi seseorang berlimpah harta bendanya namun ia tidak bahagia, ia memiliki istri yang cantik namun tidak bisa hidup tentram di sisinya, ia memiliki kendaraan mewah namun tidak bisa mengendarainya. Intinya adalah berapa banyak orang kaya yang tidak bisa menikmati kekayaannya tersebut. Saya masih ingat ucapan seorang teman “Saya dulu tidak bisa makan dengan lauk pauk yang enak-enak seperti sate karena saya tidak mampu membelinya setiap hari, Sekarang saya tidak bisa memakan makanan yang enak-enak tersebut bukan karena saya tidak mampu membelinya tapi karena penyakit yang saya derita”. Ucapan seperti ini sangat jelas menunjukan kepada kita bahwa ternyata banyak orang kaya yang tidak bisa meikmati kekayaannya.


Kalau begitu, bagaimana cara menyikapi kehidupan ini? Misteri kehidupan sejatinya dapat kita ketahui jika kita bisa menyikapi kehidupan ini dengan memahami apa tujuan hidup ini. Tujuan hidup manusia adalah beribadah kepada Allah ta’ala, menyembahNya, beriman denganNya dan mengamalkan seluruh syariatNya. Dalam konteks kehidupan maka kita harus yakin (iman) bahwa segala yang menimpa adalah yang terbaik untuk kita. Keadaan kita saat ini, itulah anugerah yang terbaik untuk kita. Takdir Allah ta’ala tidak pernah salah, rizkiNya tidak pernah tertukar dan kehidupan ini juga senantiasa di atas kehendakNya. Jika demikian kenapa kita harus gundah, bersedih hati, dan menganggap Allah ta’ala tidak adil? Untuk menggali misteri kehidupan ini kita harus kembali kepada aturan-aturan yang telah dibuat oleh Allah ta’ala kepada seluruh manusia, jangan terpesona dengan dunia apalagi sampai menjadikannya tujuan utama. Ia bukanlah sumber kebahagiaan sebenarnya, misteri kehidupan ini adalah bagaimana kita menyikapinya dengan ikhlas dan senantiasa yakin dengan qadarNya. Wallahu a’alam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...