Rabu, 22 Mei 2013

Renungan Di Akhir Malam

Oleh: Abdurrahman



Hingga dini hari ini, saya lebih banyak melakukan hal-hal yang sifatnya lahwi (sia-sia), padahal banyak hal yang harus diselesaikan. Dari mulai tugas kuliah hingga kewajiban sebagai ayah, dari pekerjaan di sekolah hingga pekerjaan di jami’ah (universitas). Sangat mudah memang membuang-buang waktu dengan pekerjaan yang tidak ada manfaatnya, apalagi jika kegiatan tersebut mengarah kepada hal-hal yang sifatnya diharamkanNya. Padahal semua itu adalah bala (cobaan) dunia belaka, ia juga batu sandungan bagi orang-orang yang akan mendapatkan kesuksesan baik di dunia maupun di alam sana.
Kesuksesan memang tidak didapat dengan hanya bersenang-senang, apalagi jika terjerat ke dalam perbuatan yang sia-sia. Kesuksesan itu butuh perjuangan, ia butuh sebuah pengorbanan termasuk berkorban untuk tidak melakukan hal-hal yang sia-sia. Perbuatan sia-sia sendiri memang sering kali terasa nyaman di jiwa, padahal itu adalah hawa (nafsu dunia). Jika kita masih mengikuti nafsu dunia kita niscaya kesuksesan itu hanya sebuah fatamorgana.
Lihatlah orang-orang sukses di sekitar kita, mereka tidak pernah hidup dengan leha-leha, mereka tidak banyak rahah (santai) apalagi terlena dengan tidur panjang tanpa ada usaha. Mereka berjuang, berjuang dan berjuang. Maka kesuksesan itu mereka dapatkan dengan perjuangan tersebut. Silahkan berleha-leha namun jangan harap kesuksesan itu akan didapat.
Maka di akhir malam ini, saya menasehati diri saya sendiri, terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan terlalu banyak kegiatan yang membutuhkan uluran tangan. Jangan sibuk dengan hal-hal yang sia-sia karena ia hanya akan mengajak jiwa kita terpedaya dengan dunia, padahal dunia itu hanyalah kesenangan sementara bukan kebahagiaan dan akhir dari perjalanan kita. Berjuanglah, karena perjuangan itu akan mendapatkan balasan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat sana.
Berjuanglah untuk meninggalkan hal-hal yang sifatnya sia-sia, berjuanglah untuk mengalahkan setiap godaan yang datang menerpa, berjuanglah untuk memaksa jiwa berbuat ketaatan kepadaNya dan berjuanglah untuk kemuliaan Islam dan umatnya. Semoga di sana kesuksesan itu akan di rasa…. Kesuskesan di dunia dan kesuksesan masuk surga bersama para anbiyaa serta menatap wajahNya yang sempurna tiada tara….    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...