Minggu, 28 Juli 2013

Ramadhanku, Ramadhan Anda dan Ramadhan Kita

Oleh: Bambang Sahaja

Jika selama ini Ramadhan identik dengan umat Islam dan tidak berkaitan dengan umat lainnya maka hal ini perlu direvisi. Ramadhan sejatinya adalah bukti bahwa Islam memiliki satu mekanisme dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat di luar Islam. Karena Ramadhan adalah bulan untuk berpuasa bagi umat Islam, maka sudah selayaknya bulan ini memberikan nuansa kekhusyu’an dalam beribadah. Efeknya adalah keimanan umat Islam bertambah sehingga akan memberikan dampak positif bagi seluruh umat manusia. Sebagai contoh, apabila pada bulan lainnya umat Islam seolah-olah tidak peduli dengan sesama maka pada bulan Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia.
Nuansa Ramadhan semakin terasa ketika menjelang akhir bulan, umat Islam yang penuh kebahagiaan akan semakin meningkatkan kualitas ibadahnya karena menyambut hari Raya Idhul Fitri. Pada momen ini keberkahan Ramadhan tidak hanya terasa oleh umat Islam, bahkan secara financial akan memberikan kontribusi signifikan bagi para pelaku ekonomi. Tentu saja para pelaku ekonomi tersebut tidak hanya umat Islam namun juga penganut agama lainnya. Pada bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idhul Fitri omset para pelaku ekonomi tersebut akan naik berlipat-lipat dari hari-hari biasanya. Hal ini mungkin kurang disadari oleh umat Islam sendiri, padahal bagi para pelaku ekonomi ramadhan adalah momen untuk “cuci gudang” dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
Secara sosial keberkahan Ramadhan juga akan terasa dengan meningkatnya aktifitas keimanan umat Islam maka berbanding lurus dengan perilaku mereka dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Jika pada bulan lain umat Islam terkesan anarkis dan saling mempertahankan kepentingannya sendiri-sendiri maka pada bulan ini ego tersebut semakin terkikis sehingga Ramadhan menjadi momen persatuan bagi seluruh umat di negeri ini.
Apabila demikian adanya, maka sudah selayaknya Ramadhan bukanlah hanya milik umat Islam. Bulan ini begitu dinantikan oleh seluruh umat manusia di dunia, mereka menanti kembali datangnya bulan Ramadhan karena di dalamnya terdapat keberkahan baik yang bersifat duniawi ataupun ukhrawi. Karena itu Ramadhan ini adalah miliku, milik anda dan Ramadhan kita semua.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...