Sabtu, 07 September 2013

Mood-nya Nulis

Oleh: Bambang Prawiro



Menulis emang bukan cuma nyusun huruf dan angka, lebih dari itu ia adalah suatu kerja otak yang memerlukan ketrampilan dan “keinginan” atau mood. Mungkin banyak yang gak setuju kalau saya bilang bahwa menulis itu berkaitan dengan mood. Ini pengalaman pribadi saya untuk menulis biasanya butuh waktu beberapa saat, mencari waktu yang tepat, pikiran yang lagi mood, banyak pekerjaan lain yang lebih penting sampai ga ada banget ide untuk dituliskan. Jujur saja kalau kadang ide-ide saya itu muncul tiba-tiba, sehingga kalau ngikutin buku-buku penulisan biasanya kalau pas ide itu muncul katanya harus langsung dituangkan. Emang bener sih harusnya seperti itu, walaupun dalam praktek saya sih masih ingat ide-ide itu dan biasanya dalam beberapa hari baru dituliskan.
Ngomongin masalah mood menulis memang gampang-gampang susah, soalnya realitanya saya tuh sering banget “mending” nulis gara-gara gak mood. Biasanya sih kalau pas lagi nulis yang sifatnya serius plus akademis. Kalau cuman nulis masalah-masalah ringakn kayak gini sih emang kayaknya gak usah pakai mood-mood segala. Tinggal duduk di depan note book, tulis aja yang sesuai dengan perasaan jadi deh tulisan ini. Cuma kendala saya kalau nulis hal-hal yang ringan kayak gini biasanya emang terbentur dengan tugas kuliah dan nulis buku-buku serius, jadi ya sering keganggu juga. Akhirnya gak bisa tiap hari menulis.
Coba kalau ada software yang bisa nulis sendiri ketika saya ngomong, enak kali ya? Atau jangan-jangan emang udah ada? Gap tek banget kali kalau emang sudah ada saya gak tau. Masalahnya emang masalah mood itu biasanya berkaitan dengan kalau pas lagi nulis masalah-masalah yang sifatnya serius. Kalau masalah yang ringan-ringan aja sih santai tinggal ngadep note book dijamin tulisan lancar…. Jadi gimana dong? Ya udah nikmatin aja deh, kalau nulis serius berarti kudu mood, kalau gak datang juga ya paksa aja denh biar moodnya datang kalau gak mau datang juga ya paksa. Tapi bener emang beberapa kali mood itu saya paksa datang eh.. ditanya mau juga datang… akhirnya
Nah buat teman-teman yang mau nulis ternyata moodnya ga datang-datang, panggil aja deng mood itu, kalau ga mau datang juga paksa aja. Cara maksanya ya dengan baik-baik tentunya…. Yaitu dengan mencari cara agar keinginan nulis itu muncul dan cari bacaan-bacaan yang ada hubungannya dengan tema yang akan kita tulis… oke? Ditunggu deh tulisan-tulisannya buat ngeramein alam maya ini… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...