Kamis, 19 Desember 2013

Takhrij Hadits Apabila Melihat Kemungkaran

Syarah dan Kritik dengan Metode Takhrij
tentang Perintah Mengubah Kemunkaran
(Hadis dari Abu Sa’id al-Khudriy)
الشرح و النقد علي طريقة التخريج
 في الحديث عن امر تغيير عن منكر
( حديث أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ )

Teks Hadits
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, Rasulullan saw bersabda:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ      
Artinya:”Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya.”(HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)
1.       Otentisitas Hadits
a.       Tautsiq Mashadir Ashliyah
Syarah dan Kritik dengan metode takhrij (pembahasan) Hadits tentang Perintah Mengubah Kemunkaran,  dimulai dengan ditemukannya Hadits dalam kitab Takhrij Maudu’iNail al-Authar karya al-Syaukani syarah dari kitab takhrij maudu’i Muntaqal Akhbar karya Ibnu Taymiah, sebagai berikut :[1]
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, Rasulullan saw bersabda:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ      
Artinya:”Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya.”(HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)
Berdasarkan footnote diatas, maka Mashadir ashliyahnya adalah Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan Sunan Tirmidzi.
Dilalah atau Tautsiq diawali dengan menggunakan Kitabkamus Al-Jami’ al-ShagirsusunanAl-Suyuthi dengan menggunakan lafazh awal من diperoleh petunjuk sebagai berikut :[2]
 من رأى منكم منكرا فليغيره بيده، فإن لم يستطع فبلسانه، فإن لم يستطع فبقلبه، وذلك أضعف الإيمان (حم م 4) عن أبي سعيد (صح)
Berdasarkan petunjuk diatas, maka Mashadir  Ashliyah nya adalahMusnad Ahmad bin Hanbal, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu Majah, Sunan Tirmidzi.
Dilalah dan Tautsiq selanjutnya memakai kitab kamusAl-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Haditsal-Nabawikarya A.J. Wensinck dengan menggunakan lafazhفليغيره maka diperoleh
petunjuk sebagai berikut[3] :


Berdasarkan petunjuk diatas maka  mashadirashliyahnya adalah Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu Majah, dan Musnad Ahmad.
Dilalah dan Tautsiq yang bersifat cek  ricek menggunakan CD Syamilah dengan proses :
1)      klik tab search (بحث) , kemudian muncul jendela شاشة البحث
2)      selanjutnya pilih  بحث في النصوص   dan memasukan kalimat أضعف الإيمانpada kolom ابحث عن حميع هذه العبارة
3)      selanjutnya pilih kitab al-Mutun dan kitab al-Takhrij dan centang/klik pilihan المجموعة كلها
4)      langkah selanjutnya adalah klik tab تنفيذ البحث   .
Dari proses tersebut maka diperoleh hasil pencarian bahwa Hadits tersebut terdapat dalam mashadir ashliyah sebagai berikut :Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud , Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’i,  Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Sunan Kubra Baihaqi, Mushanaf Abdul Razaq, Mustakhraj Abu Awanah, Musnad Abu Ya’la, dan Shahih Ibnu Hibban.          
Rekapitulasi mashadirasliyah tertera pada daftar berikut :

NO
DILALAH/TAUTSIQ
MASHADIR ASHLIYAH
1
Nail al-Authar
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan Tirmidzi
2
Al-Jami’ al-Shagir
Musnad Ahmad bin Hambal, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu Majah, Sunan Tirmidzi
3
Al-Mu’jam al-Mufahras
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa’i, Sunan ibnu Majah, Musnad Ahmad bin Hambal
4
CD Syamilah
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud , Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’i,  Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Sunan Kubra Baihaqi, Mushanaf Abdul Razaq, Mustakhraj Abu Awanah, Musnad Abu Ya’la, dan Shahih Ibnu Hibban.






Jadi Mashadir Ashliyah secara keseluruhan adalah :
1)      Musnad Ahmad  (164 H – 241 H)
2)      Mushanaf Abdul Razaq
3)      Shahih Muslim(202 H- 261 H)
4)      Sunan Ibnu Majah (209-273 H)
5)      Sunan Abu Dawud(202 – 275 H)
6)      Sunan Tirmidzi(209 – 279 H)
7)      Sunan Nasa’i(215 – 303 H)
8)      Musnad Abu Ya’la (210-307 H)
9)      Mustakhraj Abu ‘Awanah (w. 316 H)
10)  Shahih Ibn Hibban (w 354 H)
11)  Sunan Baihaqi(384- 458 H)
Adapun Hadits yang termaktub dalam mashadir ashliyah tersebut adalah sebagai berikut :
1)      Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 22, hlm.196, no.10651
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ كِلَاهُمَا عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ وَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا قَالَ فَقَامَ رَجُلٍ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا قَالَ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيَفْعَلْ وَقَالَ مَرَّةً فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِيَدِهِ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada kami Al-A’masy dari Ismail bin Raja, dari bapaknya , dan dari Qais bin Muslim dari Thariq bin Syihab, keduanya dari Abi Said Al-Khudry berkata: Marwan mengeluarkan mimbar pada hari raya padahal sebelumnya tidak pernah dikeluarkan, lalu dia memulai dengan khutbah sebelum shalat, padahal  sebelumnya belum pernah dimulai dengan khutbah, maka seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah,  kamu keluarkan mimbar pada hari raya padahal sebelumnya tidak pernah dikeluarkan, lalu kamu memulainya dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya belum pernah dicontohkan demikian ”, lau Abu Said Al-Khudry berkata: “Siapakah dia?Mereka menjawab:” Fulan bin fulan.”  Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa di antaramu melihat kemunkaran dan mampu mengubah dengan tangannya, maka lakukanlah. Sekali lagi beliau berkata: ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad bin Hambal, juz 22, hlm. 268, no. 10723  
 حَدَّثَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنِي شُعْبَةُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ
خَطَبَ مَرْوَانُ قَبْلَ الصَّلَاةِ فِي يَوْمِ الْعِيدِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ إِنَّمَا كَانَتْ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ تَرَى ذَلِكَ يَا أَبَا فُلَانٍ فَقَامَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ فَقَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Yazid, mengabarkan kepada kami Syu’bah dari Qais bin Muslim, dari Thariq  bin Syihab berkata: “Marwan berkhutbah sebelum shalat pada hari raya.  Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Sesungguhnya shalat dulu sebelum khutbah.” (Marwan ) berkata” Kamu melihat demikian wahai  bapak fulan.” Abu Said Al-Khudry berdiri lalu berkata: Hal ini telah ditetapkan, atas hal itu aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 23, hlm.79, no.11034
 حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَال             
أَوَّلُ مَنْ قَدَّمَ الْخُطْبَةَ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ قَالَ تُرِكَ مَا هُنَاكَ يَا أَبَا فُلَانٍ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abdurrahman, menceritakan kepada kami Sufyan dari Qais bin Muslim dari Thariq bin Syihab berkata bahwa orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat  (pada hari raya)adalah Marwan. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah”, Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan wahai fulan.” Abu Sa’id berkata: “Hal ini sebagaimana aku pernah mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad bin Hambal, juz 23, hlm. 113, no. 11068
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
أَوَّلُ مَنْ أَخْرَجَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْعِيدِ مَرْوَانُ وَأَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ وَلَمْ يَكُ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ  الْإِيمَانِ

Menceritakan kepada kami Muhamad bin Ubaid, menceritakan kepada kami Al-A’masy dari Ismail bin Raja dari bapaknya berkata:Orang pertama yang mengeluarkan mimbar pada hari raya adalah Marwan, dan dia juga orang yang pertama memulai dengan khutbah sebelum shalat id. Seorang laki-laki beridiri lalu berkata: Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah, kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah, dan kamu pun memulai dengan khutbah sebelum shalat. Abu Said berkata: Siapakah ini. Mereka menjawab: Fulan bin fulan. Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas persoalan ini aku mendengar Rasulullah saw bersabda:”Barang siapa melihat kemunkaran, jika mampu, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad, juz 23, hlm.135, no. 11090 
              حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَال            
أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ عِيدٍ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ فَقَالَ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ مَرْوَانُ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ أَبَا فُلَانٍ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Waki’, menceritakan kepada kami Sufyan, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab berkata: Orang pertama yang memulai dengan khutbah pada hari id sebelum shalat adalah Marwan bin Hakam. Seorang laki-laki menghampirinya lalu berkata: Shalat dulu sebelum khutbah. Marwan berkata: Hal itu telah ditinggalkan wahai bapak fulan. Maka Abu Said Al-Khudry berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa di antara kamu melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad, juz 23, hlm. 487, no. 11442 
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ    
أَنَّ مَرْوَانَ خَطَبَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ لَهُ مَرْوَانُ تُرِكَ ذَاكَ يَا أَبَا فُلَانٍ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ قَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُنْكِرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَاكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Muhamad bin Ja’far, menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab bahwa Marwan berkhutbah sebelum shalat. Lalu seorang laki-laki berkata kepadanya: shalat dulu sebelum khutbah. Marwan berkata: Hal itu telah ditinggalkan wahai bapak fulan. Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:”Barang siapa di antara kamu melihat kemunkaran, maka ingkarilah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, maka dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.

2)      Mushannaf Abdul Razaq, juz 3, hlm.285, no. 5649
عبد الرزاق عن الثوري عن قيس بن مسلم عن طارق ابن شهاب قال : أول من قدم الخطبة قبل الصلاة يوم العيد مروان ، فقام (1) إليه رجل فقال : يا مروان ! خالفت السنة ، فقال مروان : يا فلان
ترك ما هنالك ، فقال أبو سعيد : أما هذا فقد قضى الذي عليه ، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : من رأى منكم  منكرا فاسطاع أن يغيره بيده فليفعل ، فإن لم يستطيع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذلك أضعف الايمان
Dari Al-Tsaury, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab berkata: Orang pertama yang mendahulukan khutbah sebelum shalat pada hari raya adalah Marwan.  Seorang laki-laki berdiri lalu berkata kepadanya: Wahai Marwan kamu telah menyalahi sunnah. Marwan berkata:  Wahai fulan, hal itu telah ditinggalkan. Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:”Barang siapa di antara kalian melihat kemunkaran, lalu mampu mengubah dengan  tangannya, maka lakukanlah,  jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

3)      Shahih Muslim, juz 1, hlm. 167, no. 70
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ كِلَاهُمَا عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ وَهَذَا حَدِيثُ أَبِي بَكْرٍ قَالَ
أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ الْعِيدِ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ فَقَالَ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ قَدْ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah, menceritakan kepada kami Waki’ dari Sufyan. Dan menceritakan kepada kami Muhamad bin Mutsanna, menceritakan kepada kami Muhamad bin Ja’far, menceritakan kepada kami Syu’bah, keduanya dari  Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab dan ini hadits dari Abu Bakar berkata : orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat  pada hari raya adalah Marwan. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Shalat sebelum khutbah”, Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan.”  Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ فِي قِصَّةِ مَرْوَانَ وَحَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيثِ شُعْبَةَ وَسُفْيَانَ
Menceritakan kepada kami Abu Kuraib Muhamad bin Al-‘Ala, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry dalam kisah Marwan dan Hadits Abu Said dari Nabi Saw seperti Hadits Syu’bah dan Sufyan.
4)      Sunan Ibnu Majah, juz 12, hlm. 17, no. 4003
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ و عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَالَ رَجُلٌ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ فِي هَذَا الْيَوْمِ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Kuraib, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry berkata: Marwan mengeluarkan mimbar pada hari raya dan dia juga memulai dengan khutbah sebelum shalat id. Seorang laki-laki berkata: Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah, kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah, dan kamu pun memulai dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya tidak pernah demikian. Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas persoalan ini aku mendengar Rasulullah saw bersabda:”Barang siapa diantara kamu  melihat kemunkaran, dan mampu mengubah dengan tangannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Sunan Ibnu Majah, juz 4, hlm. 152, no. 1265
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ و عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ
أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْعِيدِ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Kuraib, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry berkata: Marwan mengeluarkan mimbar pada hari raya dan dia juga memulai dengan khutbah sebelum shalat id. Seorang laki-laki berkata: Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah, kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah, dan kamu pun memulai dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya tidak pernah demikian. Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas persoalan ini aku mendengarRasulullah saw. Bersabda: “Barang siapa melihat kemungkaran dan dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu dengan lisannya, maka dengan hatinya, dan yang demikian itu selemah-lemah iman.”

5)      Sunan Abu Dawud, juz 3, hlm. 360, no. 963
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ ح وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ فِيهِ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ فَقَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Muhamad bin al-‘Ala, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al- Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry berkata: ”Marwan keluar menuju mimbar pada hari raya dan dia memulai dengan khutbah sebelum shalat. Maka seseorang berkata: Wahai Marwan kamu telah menyalahi sunnah, kamu keluar menuju mimbar pada hari raya padahal sebelumnya tidak pernah keluar dan kamu memulai dengan khutbah sebelum shalat. Maka Abu Sa’id berkata: “Siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda: “Barang siapa melihat kemungkaran dan dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu, maka dengan hatinya, dan yang demikian itu selemah-lemah iman.”
Sunan Abu Dawud, juz 11, hlm. 415, no. 3777
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ وَقَطَعَ هَنَّادٌ بَقِيَّةَ الْحَدِيثِ وَفَّاهُ ابْنُ الْعَلَاءِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Muhamad bin al-‘Ala dan Hanad bin al-Sariy, mereka berkata: menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abi Said, dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab dari Abu Said Al-Khudry berkata aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa melihat kemungkaran dan dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu, maka dengan hatinya, dan yang demikian itu selemah-lemah iman.” 
6)      Sunan Tirmidzi, juz 8, hlm. 79, no. 2098
حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ
أَوَّلُ مَنْ قَدَّمَ الْخُطْبَةَ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ لِمَرْوَانَ خَالَفْتَ السُّنَّةَ فَقَالَ يَا فُلَانُ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَلْيُنْكِرْهُ بِيَدِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Menceritakan kepada kami Bundar, menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdy, menceritakan kepada kami Sufyan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkata bahwa orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat  adalah Marwan. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata kepada Marwan, kamu telah menyalahi sunnah”, Marwan menjawab:” wahai fulan Yang demikian itu telah ditinggalkan.”  Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran,  maka ingkarilah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, maka dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
7)      Sunan Nasa-i, juz 15, hlm. 204, no. 4922
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Mengabarkan kepada kami Muhamad bin Basyar ia berkata: menceritakan kepada kami Abdurrahman ia berkata: menceritakan kepada kami Sufyan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkata: “Abu Said berkata aku mendengar  Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

Sunan Nasa-i, juz 15, hlm. 205, no. 4923
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا مَخْلَدٌ قَالَ حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَغَيَّرَهُ بِيَدِهِ فَقَدْ بَرِئَ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَغَيَّرَهُ بِلِسَانِهِ فَقَدْ بَرِئَ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِلِسَانِهِ فَغَيَّرَهُ بِقَلْبِهِ فَقَدْ بَرِئَ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abd al-Humaid, ia berkata menceritakan kepada kami Makhlad, ia berkata menceritakan kepada kami Malik bin Mighwal dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkata: “Abu Said  Al-Khudry berkata aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa melihat kemungkaran lalu mengubah dengan tangannya maka dia telah terbebas, barang siapa yang tidak mampu mengubah dengan tangannya,  ubahlah dengan lisannya maka dia telah terbebas, barang siapa yang tidak mampu mengubah dengan lisannya, ubahlah dengan hatinya, maka ia telah terbebas, yang demikian itu selemah-lemah iman.”

8)      Musnad Abu Ya’la juz 3, hlm. 17, no. 973 
حدثنا أبو بكر ، حدثنا ابن نمير ، عن الأعمش ، عن إسماعيل بن رجاء ، عن أبيه قال : أخرج مروان المنبر وبدأ بالخطبة قبل الصلاة ، فقام رجل فقال : يا مروان ، خالفت السنة ، أخرجت المنبر ولم يكن يخرج ، وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ، فقال أبو سعيد : من هذا ؟ قالوا : فلان ، قال : أما هذا فقد قضى ما عليه ، إن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : « من رأى منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذاك أضعف الإيمان »
Menceritakan kepada kami Abu Bakar, menceritakan kepada kami Ibnu Numair, dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari Bapaknya, ia berkata: ”Marwan keluar menuju mimbar  (padahal sebelumnya) belum pernah keluar, dan dia memulai dengan khutbah sebelum shalat. Maka Abu Sa’id berkata: “siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Abu Ya’la, juz 3, hlm. 212, no. 11068  
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ:
أَوَّلُ مَنْ أَخْرَجَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْعِيدِ مَرْوَانُ وَأَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ وَلَمْ يَكُ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ »
Menceritakan kepada kami Zuhair, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, keduanya dari Abu Said Al-Khudry, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa melihat kemunkaran, dan dia mampu mengubah dengan tangannya, maka lakukanlah, jika dia tidak mampu mengubah dengan tangannya, ubahlah dengan lisannya,  jika dia tidak mampu mengubah dengan lisannya, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
9)      Mustakhraj Abu ‘Awwanah, juz 1, hlm. 87, no. 80
- حدثنا أبو العباس عبد الله بن محمد بن عمرو الأزدي قال : ثنا الفريابي قال : ثنا سفيان ح ، وحدثنا أبو أمية قال : حدثنا عبيد الله بن موسى قال : ثنا شعبة كلاهما ، عن قيس بن مسلم ، عن طارق بن شهاب قال : أول من قدم الخطبة قبل الصلاة يعني في يوم عيد مروان بن الحكم فقام رجل فقال : خالفت السنة يا مروان ، فقال : قد ترك ما هناك ، فقال أبو سعيد : أما هذا فقد قضى ما عليه ، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : « إذا رأى أحد منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه وذاك أضعف الإيمان » لفظ الفريابي وحديث شعبة ما ذكر عن النبي صلى الله عليه وسلم بمثله
Menceritakan kepada kami Abu al-Abbas Abdullah bin Muhamad bin ‘Amr al-Azdy berkata: Menceritakan kepada kami Al-Faryabi, ia berkata: Menceritakan kepada kami Sufyan, dan menceritakan kepada kami Abu Umayah, ia berkata: menceritakan kepada kami Ubaidillah bin Musa ia berkata: Menceritakan kepada kami Syu’bah, keduanya dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkatabahwa orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat  pada hari raya  adalah Marwan bin Hakam. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah”, Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan wahai fulan.”  Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:”Jika di antara kalian melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

10)  Shahih Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 103, no. 308
أخبرنا عبد الله بن محمد الأزدي ، قال : حدثنا إسحاق بن إبراهيم ، وهناد بن السري ، قالا : حدثنا أبو معاوية ، قال : حدثنا الأعمش ، عن إسماعيل بن رجاء ، عن أبيه ، عن أبي سعيد ، وعن قيس بن مسلم ، عن طارق بن شهاب ، عن أبي سعيد ، قال : أخرج مروان المنبر في يوم عيد ، وبدأ بالخطبة قبل الصلاة ، فقام رجل ، فقال : يا مروان ، خالفت السنة ، أخرجت المنبر في يوم عيد ، ولم يكن يخرج ، وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ، ولم يكن يبدأ بها ، فقال أبو سعيد : من هذا ؟ قالوا : فلان بن فلان ، قال أبو سعيد : أما هذا فقد قضى ما عليه . زاد إسحاق : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقول : « من رأى منكم منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع أن يغيره بيده فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذلك أضعف الإيمان »
Mengabarkan kepada kami Abdullah bin Muhamad Al-Azdy, ia berkata: Menceritakan  kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Hanad bin Al-Sary, mereka berkata: Menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dia berkata: Menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Sa’id, dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Sa’id, ia berkata: Marwan keluar menuju mimbar pada hari raya dan dia memulai khutbah sebelum shalat, (padahal sebelumnya) belum pernah dimulai dengan khutbah. Maka Abu Sa’id berkata: “siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku  mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

Shahih Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 101, no. 307
أخبرنا عمران بن موسى بن مجاشع ، قال : حدثنا عثمان بن أبي شيبة ، قال : حدثنا وكيع ، قال : حدثنا سفيان الثوري ، عن قيس بن مسلم ، عن طارق بن شهاب الأحمسي ، قال : أول من بدأ بالخطبة قبل الصلاة يوم العيد مروان بن الحكم ، فقام إليه رجل فقال : الصلاة قبل الخطبة ومد بها صوته ، فقال : ترك ما هناك أبا فلان . فقال أبو سعيد الخدري : أما هذا فقد قضى ما عليه ، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقول : « من رأى منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذاك أضعف الإيمان »
Mengabarkan kepada kami Imran bin Musa bin Majasyi’, ia berkata: Menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah, ia berkata: Menceritakan kepada kami Waki’, ia berkata: menceritakan kepada kami Sufyan Al-Tsaury, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab Al-Ahmasiy berkata bahwa orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat  pada hari raya adalah Marwan bin Hakam. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “  Shalat sebelum khutbah,”, Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan wahai bapa fulan.”  Abu Sa’id berkata: “Hal ini sebagaimana aku pernah mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
11)  Sunan Kubra Baihaqi, juz 10, hlm. 90
- (وأخبرنا) أبو طاهر الفقيه أنبأ أبو بكر محمد بن ابراهيم بن الفضل الفحام ثنا محمد بن يحيى الذهلى ثنا محمد بن عبيد ثنا الاعمش عن اسمعيل بن رجاء عن ابيه عن أبى سعيد الخدرى رضى الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول من رأى منكم منكرا فان استطاع ان يغيره بيده فليغيره بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان
Mengabarkan kepada kami Abu Thahir Al-Faqih, Memberitakan kepada kami Abu Bakar Muhamad bin Ibrahim bin Al-Fadhl Al-Fiham, menceritakan kepada kami Muhamad bin Yahya Al-Dzahaliy, menceritakan kepada kami Muhamad bin Ubaid, dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudriy ra. berkata : Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:”Barang siapa di antara kamu melihat kemunkaran, dan mampu mengubah dengan tangannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”

b.      Rawi/Sanad

A.    Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 22, hlm.196, no.10651
-          1) Abu Sa’id al-Khudri, 2) Abihi(Raja bin Rabi’ah), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy, 5)Abu Mu’awiyah.
-          1) Abu Sa’id al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah.

Musnad Ahmad bin Hambal, juz 22, hlm. 268, no. 10723
1)Abu Said al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, Yazid.

Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 23, hlm.79, no.11034
1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Abdurrahman.

Musnad Ahmad bin Hambal, juz 23, hlm. 113, no. 11068
1)      Abu Said al-Khudri, 2) Abihi(Raja), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Muhamad bin ‘Ubaid.



Musnad Ahmad, juz 23, hlm.135, no. 11090
1)      Abu Said al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 4) Qais bin Muslim, 5) Sufyan, Waki’.

Musnad ahmad, juz 23, hlm. 487, no. 11442
1)      Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Muhamad bin Ja’far.

B.     Mushannaf Abdul Razaq, juz 3, hlm.285, no. 5649
            1)Abu Said,  2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim,  4) Al-Tsauri.

C.    Shahih Muslim, juz 1, hlm. 167, no. 70
-          1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Wakî’, 6) Abu Bakr bin Abi Syaybah.
-          1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Muhamad bin Ja’far, 6) Muhamad bin Mutsanna.
-          1)Abu Said al-Khudri, 2) Abihi(Raja), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Muawiyah, 6) Abu Kuraib Muhamad bin ‘Ala.
-          1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5) Abu Muaawiyah, 6) Abu Kuraib Muhamad bin ‘Ala.
D.    Sunan Ibnu Majah, juz 12, hlm. 17, no. 4003
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) bapaknya(Raja), 3) Isma’il bin Raja,  4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Abu Kuraib.
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim,  4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Abu Kuraib.

E.     Sunan Abu Dawud, juz 3, hlm. 360, no. 963
-          1)Abu   Sa’id Al- Khudriy, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Muhamad  bin ‘Ala.
-          1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5)Abu mu’awiyah, 6) Muhamad bin ‘Ala.

Sunan Abu Dawud, juz 11, hlm. 415, no. 3777
-  1)Abu Sa’id, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 
   6) Hannad  bin Sariy dan 7) Muhamad bin  ‘Ala.
- 1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al- A’masy, 5) Abu
         Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy dan 7)Muhamad bin ‘Ala.

F.     Sunan Tirmidzi, juz 8, hlm. 79, no. 2098
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Abdurrahman bin Mahdi, 6) Bundar.

G.    Sunan Nasa-i, juz 15, hlm. 204, no. 4922
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Abdurrahman, 6) Muhamad bin Basyar.
Sunan Nasa-i, juz 15, hlm. 205, no. 4923
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Malik bin Mighwal, 5)Mikhlad, 6) Abdul Hamid bin Muhamad.

H.    Musnad Abu Ya’la juz 3, hlm. 17, no. 973
1)Abu Sa’id, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 4) Ibnu Numair, 5) Abu     Bakar.
Musnad Abu Ya’la, juz 3, hlm. 212, no. 1168
-          1) Abu Sa’id,  2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Muawiyah, 6)Zuhair.
-         1)Abu Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim,  4) Al- A’masy, 5) Abu Mu’awiyah,  6) Zuhair.
I.       Mustakhraj Abu ‘Awwanah, juz 1, hlm. 87, no. 80
-          1)Abu Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3)Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Al-Faryabi,  6) Abu al-‘Abbas ‘Abdullah bin Muhamad ‘Amr al-Azdi.
-          1)Abu Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3)Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Ubaidillah bin Musa, 6) Abu Umayah.

J.      Shahih Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 103, no. 308
-          1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) bapaknya(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy, 7) Ishaq bin Ibrahim, 8) Abdullah bin Muhamad al-Azdy.
-          1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2)Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy, 7) Ishaq bin Ibrahim, 8) Abdullah bin Muhamad al-Azdy.

Shahih Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 101, no. 307
1) Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan Al-Tsaury, 5)Wakî’, 6) Utsman bin Abi Syaibah, 7) Imran bin Musa bin Majasyi’.

K.      Sunan Kubra Baihaqi, juz 10, hlm. 90
1)Abu Sa’id Al-Khudriy, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al- A’masy, 5) Muhamad bin ‘Ubaid, 6) Muhamad bin Yahya Al-Dzahaly, 7) Abu Bakar Muhamad bin Ibrahim bin Al-Fadhl Al-Fiham, 8) Abu Thahir.

Rekapitulasi seluruh rawi berdasarkan kitab-kitab tersebut adalah:
(1)Abu Sa’id al-Khudry, (2) Thariq bin Syihab, (3) Raja bin Rubi’ah, (4) Ismail bin Raja,
(5)Al-A’masy, (6)Qais bin Muslim, (7) Malik bin Mighwal, (8) Syu’bah bin Hajjaj, (9) Sufyan al-Tsaury, (10) Makhlad, (10)Muhamas bin Ja’far, (11) Abu Muawiyah, (12) Waki’, (13) Abdurrahman bin Mahdi, (14) Ibnu Numair, (15) Muhamad bin ‘Ubaid,  (16) Yazid bin Harun, (17) Al-Faryabi, (18) Ubaidillah bin Musa, (19) Zuhair bin      Harb, (20) Abu Bakar bin Abi Syaibah, (21) Ishaq bin Ibrahim, (22) Utsman bin Abi Syaibah, (24) Hanad bin Sariy, (25) Abu Kuraib(Muhamad bin ‘Ala), (26) Muhamad bin Mutsanna, (27) Bundar(Muhamad bin Basyar), (28) Muhamad bin Yahya, (29) Abdul Hamid bin Muhamad, (30) Abu Umayah (Muhamad bin Ibrahim bin Muslim, (31) Abdullah bin Muhamad al-Azdy, (32) Imran bin Musa al-Majasyi’, (33) Abu Thahir.



[1] Al- Syaukani, Nail al-Authar, jilid 8(Kairo: Dar Ibnu Affan, 2005), hlm. 64
[2]Jalaludin  Abdurahman Ibn Abi Bakr Al-Suyuti, Al-Jami’ al-Shagir fi Ahadits al-Basyir al-Nadzir, Juz II, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th), hlm. 526
[3]AJ Wensinck, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawi, Juz V (Leiden: E.J. Brill, 1965), hlm. 33.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...