Kamis, 18 Juni 2015

Managemen Administrasi Bisnis Islami


MABI (Manajemen Administrasi Bisnis Islami)
Program Setara Diploma Satu (D1)


MI (Manajemen Islami)
WI (Wirausaha Islami)
TI (Teknologi Informasi)

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2015/2016

Tempat belajar : Kampus STEI TAZKIA
                              Jl. Dramaga Km. 7 Bogor

Sekretariat : Gedung Da’wah Bakti Insan Jl.KH,Sholeh Iskandar No.1 Bogor 16310 Telp/Fax.(0251)7541492


Dasar Pemikiran
Kunci untuk memenangkan persaingan di masa mendatang adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara berkesinambungan.
Semakin banyak kendala dalam masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menyebabkan diperlukannya alternatif pendidikan yang bisa mengatasi kendala: ekonomi, waktu dan keterampilan.
Program MABI merupakan solusi untuk menyediakan alternatif  peningkatan kualitas SDM yang berbasis syariah dalam bidang bisnis, administrasi, marketing, dan Account Officer (AO) serta melahirkan Wirausahawan Muslim yang handal.
Semakin banyaknya lembaga-lembaga keuangan yang berlandaskan syariah Islam, maka program MABI merupakan salah satu solusi untuk menyediakan SDM pelaksana yang terampil dan menguasai system syariah.

Latar Belakang
MABI didirikan pada tahun 2000 oleh aktivis dakwah Islam yang peduli untuk kemajuan sumber daya manusia kaum muslimin, yang saat ini berada di bawah naungan Yayasan Bakti Insan Bogor. MABI merupakan program pendidikan setara Diploma Satu (D1) dalam bidang Manajemen Islami, Wirausaha Islami dan Tehnologi Informasi, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mensyaratkan lulusan dengan kapabilitas sebagai tenaga terdidik dan terampil dalam bidang Administrasi, Wirausaha dan Informatika.
Program pendidikan ini bekerjasama dengan beberapa lembaga keuangan syariah yang berdomisili di Bogor dan Jakarta seperti LAZ,BAZ,Asuransi Syariah,BPRS,Travel Haji dan Umroh, lembaga pendidikan keuangan syariah dan para pengusaha Muslim.





Visi
Menjadi lembaga pendidikan dan lembaga kursus ekonomi Islam terkemuka yang membanggakan dan memberi kontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya insani umat dan bangsa berdasarkan Syariat Islam melalui sinergi dari segala potensi baik internal maupun eksternal.

Misi
Mengajak masyarakat dan umat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya insani dalam bidang ekonomi Islam yang kompeten dalam keimanan, amanah, berahlak karimah dan profesional.



Tujuan
Menghasilkan lulusan yang mumpuni dengan bekal pengetahuan konseptual dan keterampilan teknis lapangan di bidang manajemen bisnis Islami, sehingga bisa merubah dirinya dari mustahik menjadi muzakki.


 























Fasilitas

v  Ruang kuliah Full AC
v  Tenaga pengajar para Dosen berpengalaman dari IPB,STEI Tazkia, UNPAK,UIKA, STAI Al Hidayah,BSI,LP3I, praktisi perbankan syariah,asuransi syariah serta para wirausahawan.
v  Tempat Magang di mitra MABI Bogor seperti: RS Bogor Medical Centre,Bank Syariah BMT,BPRS,Asuransi Takaful, Asuransi Syariah Keluarga Indonesia, BAZ,Yayasan Peramu,STEI TAZKIA,Lembaga keuangan,serta Pengusaha muslim lainnya.


Denah Lokasi
 



Program MABI ini di peruntukan khusus bagi lulusan SMU/SMK/Sederajat dari kalangan dhuafa atau yatim piatu,dengan lebih menekankan pada praktek kerja lapangan.
Program ini memiliki kelebihan dan keunggulan,yaitu:
Kuliah setiap hari        : Minggu
Waktu                         : 08.00 – 17.00
Praktek kerja/Magang : Senin – Sabtu
Waktu                         : 08.00 – 17.00



Persyaratan

ü  Berasal dari keluarga yatim/dhuafa (surat keterangan Rt/Rw dan foto copy KTP)
ü  Lulusan SMU/SMK/Aliyah sederajat
ü  Infaq formulir Pendaftaran
ü  Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
ü  Menyerahkan foto copy raport dan ijazah legalisir
ü  Pas foto ukuran 3x4,2x3 masing-masing 2(dua)lembar
ü  Menyerahkan surat pernyataan sanggup infaq dana pendidikan selama pendidikan
1 Tahun/12 bulan/2 semester. 

Pendapat mereka tentang MABI

Mahasiswa Alumni MABI

 










Resti Fauziah










Asep Zaenal Mutaqin









Muhamad Sajidin, S.Pd, M.Si
Kami merupakan beberapa orang yang berkesempatan mengikuti kuliah program MABI. Dengan mendapatkan materi-materi yang sangat praktis sebagai bekal memasuki dunia kerja. Alhamdulillah sekarang saya sudah bekerja di Rumah Sakit Bogor Medical Center sebagai Customer Service

Setelah Kami kuliah di MABI Kami banyak mendapatkan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat dan juga materi-materi nya yang sangat praktis sebagai bekal untuk memasuki dunia Bisnis dan sekarang Alhamdulillah saya sudah berwirausaha kuliner mempunyai 3 tempat usaha “Ayam Gorang Krispi”.

Alhamdulillah, saya salah satu Alumni yang mengikuti kuliah program MABI dan sangat bangga selain mendapatkan  pekerjaan dan juga bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi, sekarang saya bekerja sebagai Stap khusus Walikota Bogor di bagian Media Center dan sekarang saya sudah Lulus kuliah S2 di Universitas Indonesia.




Kurikulum Setara D1

Mata Kuliah Umum

1)      Islamic Worldview
2)      Bahasa Arab Bisnis
3)      Tahsin, Hafalan Ayat Pilihan dan Hadits Arbain
4)      Bahasa Inggris Bisnis

Mata Kuliah Dasar Keahlian

1. Perbankan Syariah
2. Ekonomi Syariah
3  Komunikasi
4. Komputer
5.Praktek Kerja



Mata Kuliah Keahlian

Manajemen Islami
Wirausaha Islami
Tehnik Informasi

1. Manajemen Marketing
2. Manajemen SDM
3  Manajemen Keuangan
4. Manajemen Syariah


1. Marke ting & Selling
2. Pengelolaan Keuangan Bisnis
3  Pengelolaan SDM
4. Pengelolaan Operasional Bisnis

1. Pengantar Tehnik Informasi
2. Basis Data
3  Dasar-dasar Pemograman
4. Sistem Informasi
5. Rekayasa Perangkat Lunak
6. Manajemen Proyek Sistem Informasi












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...