Rabu, 02 Desember 2015

Naskah Carita Ratu Pakuan



Buku Dijual
Rp 30.000
Hubungi: 085885753838

Naskah Carita Ratu Pakuan berasal dari kropak 410 di Perpustakaan Nasional yang sekarang berada di Museum Sri Baduga. Jumlah keseluruhan lontar ada 29 lembar dengan ukuran masing-masing ± 19 x 3 cm dengan kolom tulisan berukuran ± 17 x 2,5 cm. Tidak disebutkan siapa penulis naskah ini, kecuali sebuah tempat yaitu Gununglarang Srimanganti.
Naskah ini menceritakan tentang kisah dari para ratu yang berada di kerajaan Sunda Galuh dan Pakuan. Isinya menceritakan deskripsi para ratu di kerajaan Galuh dan Pakuan. Sifatnya yang historis menjadikan para pembaca dapat memahami sejarah pada masa lalu yang tertulis di dalamnya. Berbagai wilayah disebutkan dalam naskah ini sebagai asal-usul dari para ratu khususnya yang sedang melakukan perjalanan dari keraton di timur (Galuh) menuju keraton barat yaitu Pakuan.
Pembaca sekalian diajak untuk memahami bagaimana perjalanan kerajaan terbesar di Tatar Sunda berserta kisah-kisah para ratu yang menghuni istana. Sebagai sebuah naskah sejarah maka diharapkan para pembaca dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut. Mengambil sesuatu yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan Negara serta meninggalkan sesuatu yang sudah usang atau bertentangan dengan keyakinan kita bersama saat ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...