Minggu, 05 Februari 2017

PERPSKETIF ISLAM ATAS LAYANAN PRIORITY BANKING PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BOGOR


Abdurahman Misno Bambang Prawiro
Ketua Program Studi Muamalah STEI TAZKIA Bogor
drmisnomei@tazkia.ac.id
Yaser Taufik Syamlan
STEI Tazkia Bogor


Abstrak
Kebutuhan akan layanan perbankan syariah yang lebih fleksibel menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perbankan syariah di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerbitkan produk priority banking bagi nasabah yang memiliki dana lebih rata-rata diatas Rp. 500.000.000- (lima ratus juta rupiah). Data yang dikumpulkan menunjukan bahwa persentasi nasabah prioritas mendominasi Dana Pihak Ketiga di perbankan di Indonesia. Layanan ini ditawarkan baik oleh Bank Konvensional maupun Bank Syariah yang mencakup layanan dasar, wealth management dan special gift. Layanan priority banking yang ada pada perbankan syariah terindikasi merupakan intifa’ yang merupakan riba dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam peneilitan ini adalah normative legal studies dengan analisis menggunakan ushul fiqh untuk mengidentifikasi ada tidaknya riba dalam layanan priority banking pada Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Bogor. Data diperoleh melalui teknik wawancara dan interview langsung. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat 3 jenis layanan Priority Banking yang ditawarkan kepada Nasabah baik dari simpanan dengan akad wadiah ataupun mudharabah yaitu Layanan Keuangan, Layanan Non Keuangan, dan Program Spesial bagi Nasabah Priority Banking. Ketiga layanan tersebut dibiayai sendiri dari kas internal BSM. Dalam hal ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa bagi layanan yang menghasilkan manfaat dengan sifat materiil yang mempunyai akad Wadiah maka itu merupakan riba. Namun apabila yang menghasilkan manfaat dengan tersebut immaterial maka ia bukan riba dana dapat diteruskan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah hendaknya pihak BSM merubah jenis akad yang digunakan sehingga terbebas dari riba dalam hutang-piutang dan memperbanyak produk investasi karena itu lebih dibutuhkan oleh Nasabah.


Key Word: Priority Banking, Bank Syariah Mandiri, riba, intifa’ dan layanan tambahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...