Sabtu, 11 Februari 2017

Praktik Imbal Jasa Pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Sahabat


Oleh: Abdurrahman Misno BP

Imbal Jasa dalam Islam
Islam adalah agama yang sempurna, ia telah mengatur seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk dalam masalah Imbal Jasa. Ayat-ayat Al-Qur’an memberikan pedoman dasar dalam melaksanakan praktik imbal jasa, sementara hadits-hadits Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yang mulia memberikan contoh nyata praktik pelaksanaan imbal jasa yang sesuai dengan Islam.
Sebelum membahas lebih mendalam mengenai imbal jasa dalam Islam, maka marilah kita perhatikan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang menunjukan kesempurnaan Islam dalam mengatur seluruh sendi kehidupan manusia. Allah ta’ala berfirman: 
وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ
Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. QS. An-Nahl: 89.
Ayat ini menunjukan bahwa Al-Qur’an telah diturunkan dengan membawa penjelasan dalam semua hal, baik yang bersifat aqidah, ibadah ataupun Muamalah. Termasuk dalam masalah imbal jasa. hal ini dikuatkan kembali oleh sabda dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam:
عَنْ أَبِى ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: تَرَكَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا طَائِرٌ يَطِيْرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلاَّ عِنْدَنَا مِنْهُ عِلْمٌ
Dari Abu Dzarr ra., beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah pergi meninggalkan kami (wafat) dan tidaklah seekor burung pun yang terbang dengan kedua sayapnya melainkan kami memiliki ilmunya. HR. At-Thabrani dan Ibnu Hibban.
Merujuk pada ayat dan hadits-hadits yang berkaitan dengan kesempurnaan Islam, maka dapat disimpulkan bahwa Islam mengatur seluruh sendi kehidupan manusia. Termasuk dalam managemen imbal jasa. Maka tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk berpaling dan menolak aturan Islam dalam masalah ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...